Ferrari 250 GT SWB Berlinetta Competizione menjadi bukti upaya Enzo Ferrari menggempur Jaguar serta Aston Martin di ajang balap GT pada penghujung era 1950-an. Pininfarina merancangnya sebagai mobil serbaguna yang nyaman digunakan melintasi jalan umum sekaligus ganas di sirkuit balap. Performanya didorong mesin V-12 SOHC Colombo 2.953cc bertenaga 280 bhp.

Belum lama ini, seunit mobil ikonis tersebut menjadi perhatian publik setelah lahir kembali dari divisi restorasi Ferrari Classiche. Menurut dokumen yang ditemukan, Ferrari 250 GT SWB Berlinetta Competizione bernomor rangka 2321GT tersebut merupakan bekas rawatan Dorino Serafini, pembalap Formula One yang berhasil membawa Ferrari juara pada Grand Prix Italia 1950.

Mobil yang awalnya berwarna kuning ini membawa banyak cerita. Mobil ini pernah dikait-kaitkan dengan skandal penipuan asuransi. Belum lagi beberapa kecelakaan fatal yang mengakibatkan kerusakan parah. Namun setelah mendapat pugaran kru Ferrari Classiche selama empat belas bulan, mobil ini punya kondisi layaknya pertama kali keluar dari pabrik pada 2 Februari 1961.

Pemiliknya sekarang adalah kolektor kesohor asal Swis, Tiziano Carugati. Dirinya memilih warna abu-abu khas Pininfarina yang banyak dipakai mobil sport Ferrari tahun 1960-an. Gosipnya, upaya restorasi ini merupakan langkah yang harus ditempuh guna mendapatkan Certificates of Authenticity.

Teks : Mada Prastya | Foto : Motor Authority