Dalam pameran Geneva Motor Show yang berlangsung tanggal 3-13 Maret 2016. Produsen sport car asal Italia, Ferrari, menghadirkan 2 spesies baru yang dibuat untuk melengkapi jajaran mobil performa tinggi mereka dan dapat memenuhi model yang ada untuk memuaskan kebutuhan para pecinta ‘kuda jingkark’.

Dimulai dengan GTC4Lusso yang diluncurkan pada hari pertama GMS, model ini merupakan four-seater baru yang mengintegrasikan kemudi roda belakang dengan penggerak empat roda untuk pertama kalinya, mencatatkan sebuah kemajuan besar untuk konsep Grand Tourer yang multi fungsi dan sporty. Segala sesuatu yang ditampilkan GTC4Lusso untuk menghadirkan kabin berkonfigurasi empat penumpang, merupakan penemuan baru dalam tradisi Maranello.

160111-car-GTC4Lusso

Meski tampil dengan konsep Grand Tourer, GTC4Lusso menggunakan mesin V12 berkapasitas 6.262cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 690 cv pada 8.000 rpm dan torsi maksimum pada 697 Nm pada 5.750 rpm. GTC4Lusso juga dapat mencapai kecepatan puncak 335 km / jam dengan akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 3,4 detik. Rasio kompresi 13,5:1 serta rasio weight-to-power 2,6 kg/cv telah mencetak rekor baru untuk kategori ini.

Integrasi yang mulus pada sistem kendali dinamika mobil yang kompleks menunjukkan bahwa GTC4Lusso yang bertenaga kuat dan mampu menghasilkan performa luar biasa di semua kondisi. Dengan hal tersebut, Lusso dapat menghadirkan stabilitas dan kenyamanan yang konsisten meskipun sedang melewati permukaan jalan dengan daya cengkram rendah.

Didesain oleh Ferrari Design, GTC4Lusso merupakan penyempurnaan dari shooting brake coupé. Bagian depan, desain Dual Cockpit  baru telah meningkatkan pengalaman berkendara, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

160103-car-california-t-tailor-made

Dalam kesempatan yang sama, Ferrari juga memperkenalkan paket baru Handling Speciale (HS) untuk tipe California T. Model V8 ini memiliki atap yang bisa dilipat dan susunan tempat duduk 2+ memberikan perpaduan sempurna antara performa dan fleksibilitas yang telah menjadi tolak ukur untuk segmen ini. Fitur teknis opsional pada Handling Speciale dibuat untuk mereka yang menyukai fleksibilitas California T dan kegagahan GT, namun tetap ingin menikmati sensasi sporty yang bisa dihasilkan dari beberapa pengaturan baru dan kalibrasi secara spesifik.

Selain per yang lebih kaku untuk meningkatkan pengendalian dengan roll, dive, dan pitch yang lebih rendah, pengendali transmisi untuk pengaturan sporty manettino telah dimodifikasi sehingga menghadirkan pilihan gigi yang lebih cepat dan sporty. Strategi baru untuk damper magnetorheological SCM3 mampu meningkatkan dinamika kendaraan dengan peningkatkan pada kecepatan respon sistem dan kontrol. Fitur F1-Trac yang sudah direvisi juga memberikan akselerasi yang lebih baik.

160104-car-california-t-tailor-made

Paket HS ini juga menawarkan knalpot baru yang menghasilkan suara lebih garang. Beberapa fitur estetis yang diperkenalkan termasuk grille depan baru dengan warna Grigio Ferro Met  dan diffuser belakang yang berwarna sama dengan fence hitam dan knalpot matte hitam.

Paket ini juga dihadirkan dalam livery dua warna yang terdiri dari Rosso Corsa Met untuk body dan Nero Stellato untuk atap. Interiornya yang hitam menampilkan banyak detail serat karbon.

Ferrari juga tak mau ketinggalan menampilkan California T Tailor Made dalam GMS kali ini, mobil ini dibuat terinspirasi dari 250 GT Berlinetta SWB. Ini adalah mobil sporty 8 silinder yang telah disempurnakan, dengan livery Grigio Scuro dan garis balap berwarna merah tua serta interior kulit Heritage Bordeaux yang lebih luxury. Demi memanjakan para pengunjung yang hadir, beragam tampilan baru pun dihadirkan, seperti grille berwarna hitam dan diffuser hitam dengan fence merah dan knalpot berwarna krom.