Kemunculan aliran kustom cafe racer tak lepas dari eksistensi subkultur Rocker di Inggris pada awal era 1960-an. Mereka menginginkan kendaraan yang bisa membawanya dari satu cafe ke cafe lainnya. Lebih bagus lagi kalau bisa dipacu dengan kecepatan penuh.

Dari situ lahirlah motor bergaya cafe racer yang membawa ciri-ciri tampilan minimalis. Modifikasinya mengacu pada tampilan motor-motor Grand Prix saat itu. Misalnya, penggunaan handlebar clip on atau stang jepit. Sedangkan, kapasitas mesinnya sendiri tidak terlalu besar.

Sampai sekarang cafe racer masih punya tempat istimewa dalam jagad roda dua. Produsen-produsen besar masih membuat motor yang punya buritan layaknya butut tawon ini. Banyak pula biker yang secara individu mengubah motor standarnya sehingga berwujud cafe racer.

Berikut ini jajaran motor cafe racer ikonis yang pernah lahir dari berbagai pabrikan.

Royal Enfield Continental GT c

Royal Enfield Continental GT

Sejarah mencatat Continental GT merupakan salah satu model yang diproduksi sampai Royal Enfield vakum pada 1967. Motor ini kembali hadir pada tahun 2012 lewat pameran otomotif Auto Show di New Delhi, India. Menggunakan desain yang lebih segar dan mesin 535 cc satu-silinder.

 05-V7-II-range

Moto Guzzi V7 Racer

Dengan tampilannya yang didominasi krom, Moto Guzzi V7 Racer punya kesan mewah dan bisa dibilang agak menyimpang dari “ruh” kaum Rocker yang cadas. Tapi dengan mesin V-twin, 744cc, motor ini punya performa yang sangat mumpuni untuk digunakan membelah jalanan kota.

 homepage-banner2-1180x510

Norton Commando 961 Café Racer

Motor ini dibuat mereplika gaya lawas cafe racer namun dengan dilengkapi komponen-komponen modern. Norton Commando 961 Café Racer dibekali jantung pacu cukup besar, yakni 961cc.

 02-1_boxer_360_1920px_02

BMW R NineT

BMW R NineT hadir dengan desain yang modern. Dalam kondisi standar, nuansa cafe racer juga belum begitu kental. Sehingga masih dibutuhkan penambahan beberapa komponen. Tetapi hal tersebut seolah-olah mengembalikan budaya kustom yang mendasari kelahiran cafe racer. Performa BMW R NineT ditopang oleh mesin 1.170 cc dengan bentuk flat twin (Boxer) yang telah melegenda.

 Triumph Thruxton 1200

Triumph Thruxton

Sepeda motor ini telah menjadi ikon sejak merebaknya “wabah” cafe racer pada era 1960-an. Dengan menggunakan basis mesin Bonneville yang berkapasitas 865 cc, motor ini tidak hanya tampil gaya dengan desain retro modern tapi juga memiliki performa di atas rata-rata.