Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan yang dilakukan para APM di Tanah Air untuk mendekatkan diri pada masyrakat. Seperti PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang peduli dengan dunia pendidikan dengan mendonasikan mesin dan mobil ke 5 Sekolah Mendasar Kejuruan (SMK) di wilayah Kalimantan (25/4) hari ini.

“Program CSR donasi unit dan mesin ke sekolah-sekolah yang tersebar di Indonesia. Kami berharap agar para pelajar baik yang berada di perkotaan maupun daerah, bisa mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung menggunakan unit dan mesin Suzuki,” ujar Dwi Tjahayanto, Strategic Planning Dept. Head PT SIS.

Nah, 5 sekolah tersebut adalah SMK YPT Banjarmasin yang menerima satu unit mobil, SMKN 1 Cempaga Kab. Kotawaringin Timur satu unit mobil, SMKN 15 Samarinda satu unit mobil dan satu paket buku training. Serta SMK 2 Marabahan Barito Kuala berupa satu mesin dan satu paket buku training.

Sementara, satu unit mobil, tiga unit mesin dan lima paket buku training diterima Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan salah satu binaan Suzuki atau biasa disebut Pusdiklat Suzuki Poliban yang berdiri sejak 2006 silam dengan program pendidikan Diploma Satu (D1).

Hermansyah, Wakil Walikota Banjarmasin juga menyampaikan sinergi antara pemerintah dan swasta memang sangat diperlukan untuk meingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Seperti yang dilakukan Suzuki dengan memberikannya fasilitas belajar tambahan berupa unit dan mesin.