Korea Selatan merupakan salah satu Negara di dunia yang telah berkembang tetapi tidak pernah meninggalkan budaya leluhur mereka. Dari mulai fashion, teknologi, kuliner dan musik, budaya asli dari Korea Selatan selalu dapat kita nikmati. Bahkan, negara paling Timur di Asia ini selalu bisa menjadi trendsetter negara – negara lain di benua kuning.

Buktinya saja sejak satu dekade terakhir, remaja di Indonesia seakan terbius oleh hadirnya Korean Boy Bands yang mulai dipelopori oleh group bernama BigBang pada tahun 2006 lalu. Berbeda dengan Boy Band kebanyakan yang terlahir dari ranah Britania dan selalu menjual ketampanan, Korean Boy Bands dikemas lebih enerjik dan dipadu dengan tarian.

IMG_0359-1_resize

Mulai 2006 hingga saat ini, Korea Selatan seakan telah menghadirkan genre baru di dunia permusikan lewat Boy Band mereka. Di Asia saja, fans mereka telah tersebar luas hingga ke Indonesia. Mungkin perpaduan antara musik, wajah tampan dan tarian – tarian energik, membuat penonton lebih terhibur. Tak ayal, sebagai penikmat music, saya sempat kaget melihat harga tiket pertunjukan Boy Band asal Korea. Mahal!

Ternyata bukan hanya Boy Band yang menjadi penemuan terbaik abad 21 bagi negeri ginseng. Di tahun yang sama, produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai juga memperkenalkan model Santa Fe generasi kedua sekaligus melahirkan gaya mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan desain integral.

IMG_0396-1_resize

Melalui desain yang berbeda dengan kebanyakan SUV saat itu, Hyundai langsung mencuri perhatian konsumen mereka di negara – negara Eropa. Mobil ini dianggap memiliki mesin terbaik, desain atraktif dan harga yang ekonomis. Ya jika dirunut, sebagai bukti kesuksesannya, di 2011 Hyundai merupakan mobil paling laris di Jerman yang notabene merupakan negara penghasil mobil – mobil premium.

Telah memiliki segudang prestasi sejak awal diluncurkan, Santa Fe pun langsung menjadi merek dagang Hyundai yang paling diperhitungkan. 2015 silam, Hyundai Mobil menghadirkan generasi ketiga untuk melanjutkan eksistensinya di kelas SUV. All New Santa Fe kini memiliki tampilan yang lebih gagah dan stylish dengan menganut gaya desain Fluidic Sculpture. Seperti terlihat pada bentuk grille dan lampu depan xenon.

IMG_0436-1_resize

Tak ingin hanya membayangkannya saja, TheGaspol langsung datang ke Hyundai Mobil Indonesia untuk merasakan sensasi langsung mencoba All New Santa Fe. Beruntung, kami kebagian mencoba All New Santa Fe 2016 bermesin CRDi.

Saat berada di dalam kabin, saya merasakan Hyundai benar – benar serius ingin menghadirkan kenyamanan berkendara. Apalagi fitur – fitur yang tersemat di dalamnya telah membuat mobil ini tak kalah dibanding SUV buatan Eropa. Untuk menjaga kesejukan kabin, Hyundai telah mencangkok fitur Dual Zone AC dengan Control Climate. Bosan di jalan? Gunakan juga fitur hiburan yang bisa diatur lewat head unit. Pengemudi tidak perlu repot – repot menjangkau head unit tersebut, pasalnya Hyundai telah memasang steering switch yang dapat digunakan untuk mengganti frekuensi, mengatur volume dan mengangkat panggilan telepon. Oiya, ada beberapa tampilan eksterior yang baru, Hyundai Santa Fe 2016 juga telah dibekali dengan fitur Panoramic Sunroof yang terdapat pada bagian atapnya.

IMG_0515-1_resize

Hyundai Santa Fe CRDi 2016 telah dilengkapi dengan lampu LED dengan fitur Daytime Running Light (DRL) di bagian depan dan foglamp, selain itu LED juga terdapat pada lampu belakang.

Wah, tampilan eksterior dan interior generasi terbaru Santa Fe membuat saya tak sabar ingin mencoba performa mesinnya. Sejak pertama kali menginjak pedal gas, saya pun langsung merasakan ada semburan tenaga yang cukup besar dari mesin common rail diesel CRDi-VGT Turbocharger 2.2 liter. Lumbung pacu ini menghasilkan tenaga 197 PS pada putaran mesin 3.800 rpm dan torsi sebesar 43.0 kg pada 1.800 rpm. Performa mesin CRDi-VGT ini membuat Hyundai Santa Fe mampu melaju lincah melintasi jalan perkotaan. Tidak hanya itu, saya pun merasakan sensasi yang sama saat memacunya di jalan bebas hambatan.

IMG_0429-1_resize

Sayangnya, di dalam negeri konsumen benak konsumen masih terpatri pada Sport UV asal Jepang. Ini yang jadi pekerjaan rumah Hyundai. Mereka harus mampu meyakinkan calon konsumen terhadap produk mereka yang sangat kompetitif. Jika ingin membuat mobil ini setenar Boy Band Korea di Indonesia, Hyundai Mobil Indonesia wajib kerja keras mengedukasi konsumen soal kualitas. Varian tertinggi Santa Fe CRDi A/T yang kami jajal dibanderol Rp 481.300.000 dan Hyundai Santa Fe Petrol A/T Rp Rp.421.000.000.