Kasus terbaru menyeruak di negara Amerika Serikat terkait potensi kerusakan yang lagi – lagi dikaitkan oleh airbag merek Takata. Setelah di Jepang Mitsubishi dan Honda telah melakukan penarikan kembali mobil – mobil yang dilengkapi airbag tersebut, kali ini giliran mobil super car dari Ferrari yang kebagian membuat surat edaran recall di negeri paman sam.

Sebagian besar line up “kuda jingkrak” yang dijual di Amerika Serikat memang menggunakan airbag merek Takata. Mobil – mobil yang akhirnya dikenakan recall antara lain California T, GTC4 Lusso, 488 GTB, 488 Spider, F12 Berlinetta dan F12 TdF.

Sebelumnya kasus serupa juga telah dialami Ferrari di negara Australia, sejauh ini sudah ada total 2.600 unit yang telah ditarik secara global terkait potensi kerusakan ini.

Masih di Amerika Serikat, Mercedes-Benz juga nyatanya terlibat dalam episode ini termasuk mobil terbaru mereka seperti E-Class coupe, convertible dan van Sprinter. Dengan laporan yang sama, kabarnya Ferrari dan Daimler sama – sama langsung menginformasikan kepada diler – diler mereka untuk segera melakukan recall. Sejauh ini, Senat Amerika Serikat telah menghubungi 17 produsen yang menjual mobilnya di Amerika Serikat dan jawabannya sudah ada 7 produsen yang mengaku telah menjual mobil yang dilengkapi dengan airbag cacat dari Takata.

Dengan berbagai kasus yang ditimbulkan oleh Takata, produsen airbag asal Jepang ini sedang mengalami kemelut. CEO mereka Shigehisa Takada dikabarkan siap mundur demi mempertanggung jawabkannya. “Saya tidak akan bertahan disini, Saya akan mundur setelah memastikan perusahaan bisa mendapatkan investor yang tepat,” jelas Takada seperti dikutip dari Reuters.