Perjalanan antarkota atau turing, kerap dilakukan oleh para anggota komunitas klub, baik roda dua maupun empat. Khusus roda dua, berbagai persiapan tentu harus dilakukan sebelum perjalanan, mengingat jarak hingga ribuan kilometer yang akan ditempuh akan menguras tenaga maupun kemampuan motor.

Seperti yang kerap dilakukan oleh Ichsan Anwar. Anggota komunitas Campur Sari Vespa Jakarta ini selalu rutin melakukan turing setidaknya dua kali dalam setahun bersama rekan komunitasnya. Persiapan apa saja yang mesti ia lakukan sebelum berangkat turing?

“Biasanya sih yang utama lakukan service besar di bengkel langganan. Yaitu ganti oli mesin, ganti oli CVT, ganti minyak rem, pemeriksaan komponen elektrikal,” tutur Ican panggilan akrabnya.

Ican menambahkan, mengingat jauhnya jarak tempuh dan durability motor sangat diperlukan, ada baiknya jangan mengubah spesifikasi baik motor maupun cairan-cairan pelumas. Karena pabrikan tentu sudah menghitung matang kemampuan motor untuk dapat digunakan secara jangka panjang.

Selain itu pemeriksaan ketebalan alur ban juga wajib dilakukan. Pasalnya cengkeraman karet bundar pada aspal merupakan hal yang sangat penting. Mengingat rute perjalanan yang sulit ditebak kondisi aspalnya.

“Biasanya ganti tiap 1,5 sampai 2 tahun sekali. Karena selain dipakai turing, Vespa ini sesekali juga dipakai dalam kota. Untuk kompon, saya pribadi lebih suka yang soft karena lebih mencengkram, mesti tapak ban lebih cepat terkikis,” tambah pengusaha rumah makan Padang tersebut.

Tak hanya motor persiapan fisik juga menjadi salah satu menu wajib sebelum turing. Apalagi kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah di setiap perjalanan, memaksa tubuh harus memiliki stamina yang baik saat turing.

“Usahakan untuk tidur cukup sebelum turing dan mengkonsumsi multivitamin selama perjalanan. Jadi badan selalu fit dan memiliki jumlah tenaga yang cukup untuk bekendara ke kota tujuan,” jelas Ican yang pernah berkendara Vespa ke Tugu Kilometer 0 hingga Lombok.

Setelah seluruh persiapan baik motor dan fisik dilakukan, saat hari H sebelum keberangkatan pastikan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor agar perjalanan aman. Tidak sedikit di beberapa pintu masuk daerah-daerah yang akan dilewati, kerap melakukan pemeriksaan keabsahan surat-surat kendaraan bagi siapapun yang akan melintas.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, semoga perjalanan turing bersama komunitas tetap aman dan nyaman tanpa gangguan apapun dan selamat sampai tujuan.