“People with great passion, make the impossible happen”. Tampaknya quote ini sangat relevan jika dihubungkan dengan ranah custom. Berbekal passion yang dibumbui dedikasi, antusiasme, kreativitas dan inovasi, seorang builder akan menghasilkan sebuah karya seni yang luar biasa.

Hal tersebut sangat dipercaya oleh Nicko Eigert. Bermula dari workshop pinggir jalan yang mengcustom scooter, lewat buah kreasinya pria berusia 26 tahun dimaksud berhasil mengembangkan Smoked Garage menjadi sebuah gerai modifikasi yang mendunia. Ya, mendunia. Tidak hanya mendirikan workshop di jalan Kerobokan, Bali, Nicko juga membangun gerai lainnya di Negeri Kanguru.

“So it always been a passion of mine to twinkle into cars and motorcycle. Dan saya merasa sangat beruntung bisa berkerja bersama sekelompok orang dengan passion yang sama.” ujarnya.

Modifikasi-Kawasaki-Ninja-650-Smoked-Garage-8

“Saat awal-awal semua tidak berjalan dengan mudah, terlebih di mata orang-orang yang tidak tahu apa yang kami lakukan. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka tahu tujuan kami,” tambah Nicko.

Ibarat seekor semut menemukan kembang gula, tak lama segerombolan lainnya menyusul. Maka sejak saat itu lah konsumen mulai melirik workshopnya untuk mengkustom sepeda motor miliknya. Mulai dari sepeda motor berkapasitas mesin 60 cc hingga mesin S&S 2.100 cc. Dengan demikian sepeda motor yang dibangun selalu berbeda.

“Kami bukan workshop yang hanya memiliki satu aliran atau gaya. Kami suka melakukan hal berbeda dan belajar hal-hal baru.” tegas pria kelahiran Australia tersebut.

Dan salah satu proyek yang menarik datang dari dealer Kawasaki, PT Duta Intika yang ingin menunjukan kepada publik apa yang bisa dilakukan workshop yang bermarkas di Bali tersebut terhadap Ninja 650. “Kami mulai mempelajari beberapa desain dan akhirnya memilih urban scrambler. Kami pun menetapkan konsep Hologramic Hammer dari Kawasaki ZX-10 untuk proyek ini.”

Modifikasi-Kawasaki-Ninja-650-Smoked-Garage-8

Sayang proyek yang dijadwalkan akan rampung dalam waktu tiga bulan tersebut molor hingga enam bulan. Ini lantaran Smoked Garage ingin memastikan bahwa sepeda motor buatannya tidak hanya sekedar enak dipandang mata namun juga dikendarai. “Mengendarai sepeda motor ini akan seperti mimpi.”

Dan dalam setiap membangun sebuah karya seni pastinya memiliki kebanggaan tersendiri, begitu pun takala membangun sepeda motor dua silinder ini.

“Kami sangat memperhatikan detail. Karena kami ingin memastikan bahwa ketikan ada orang yang melihat motor ini dari dekat, detailnya harus sempurna. Contohnya adalah jarak antara tangki dengan subframe, tidak lebih dari 2 mm. Jadi jika celah tersebut diselipkan kartu kredit tidak akan longgar. Sekarang kami benar-benar bangga dan untuk mencapainya kita perlu memiliki passion dan waktu.”

Spesifikasi Kawasaki Ninja 650 :

Ban depan                            : Dunlop 120/60/70 K180
Ban belakang                       : Dunlop 14/180/60 K180
Pelek depan                         : 18/2.50 SMOKED GARAGE Wheels Hub
Pelek belakang                    : 14/5.00 SMOKED GARAGE Wheel Hub
Suspensi depan                   : Showa
Suspensi belakang              : Showa
Sasis                                       : SMOKED GARAGE REAR END
Lampu                                   : SMOKED GARAGE Dual Headlight
Fender                                   : Custom by SMOKED GARAGE
Spidometer                           : Ninja 650
Jok                                         : Custom by SMOKED GARAGE
Cat                                         : SMOKED GARAGE
Knalpot                                 : Custom by SMOKED GARAGE