PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui salah satu unit bisnisnya yakni Suzuki Marine menggelar kembali kampanye ‘Clean Up the World’ yang kali ini menyambangi kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Suzuki Peduli Lingkungan ini digelar tidak hanya sekedar melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, melainkan juga sebagai bentuk edukasi kepada generasi muda. Khususnya kepada para siswa sekolah dasar (SD) dan pengunjung untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian tehadap kebersihan lingkungan.

Kampanye bersih-bersih lingkungan ini berawal dari program kampanye global yang digalakan oleh Suzuki Marine di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lahir pada 2011 lalu, kampanye ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan sosial meliputi aktivitas membersihkan wilayah perairan seperti pantai, sungai dan danau. Dan pada 2015, secara global sebanyak 1.258 partisipan dari 22 negara mengikuti kegiatan ini. Sedangkan di Indonesia sendiri telah diselenggarakan sejak 2014 di kawasan Tanjung Pasir, Tangerang.

“Tidak hanya menghasilkan produk yang ramah lingkungan, melalui program kampanye dan slogan “Bersih Berawal Dariku’. Kami juga berupaya untuk konsisten memberikan edukasi dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena pada akhirnya anak-anak dan generasi muda yang menjadi harapan kita dalam menjaga ekosistem air Indonesia, baik sungai, danau dan laut tetap lestari dan terjaga ekosistemnya.” ungkap Leo Widjaya, Section Head Sales and Marketing Outboard Motor PT. SIS mengungkapkan.

Dan tahun ini Suzuki Marine berfokus dalam memberikan edukasi tentang lingkungan di kawasan wisata air. Ini dikarenakan kebersihan di tempat wisata tidak hanya menjadi tanggung jawab pengelola, melainkan tanggung jawab pengunjung juga.

Agar dapat diserap dengan mudah oleh anak-anak, edukasi kali ini disampaikan dengan cara yang sederhana namun informatif melalui panggung boneka. Setelah mendapat pemahaman, para peserta diajak untuk melalukan praktek kegiatan bersih-bersih di sekitar pantai Ancol. Dan untuk lebih meningkatkan nilai edukasi, para peserta pun diajak berkeliling pantai dengan menggunakan kapal yang disediakan oleh Suzuki Marine. Serta menjelaskan pengaruh sampah terhadap kinerja mesin outboard motor dan dampaknya pada laut.

Kegiatan edukasi untuk siswa SD ini jelas mendapat apresiasi, kususnya dari Aceng Subrata selaku kepala sekolah SD Islam Terpadu Meranti. “Kami percaya melalui kegiatan ‘Clean Up the World Campaign’ anak-anak akan semakin paham dan menyadari arti pentingnya menjaga lingkungan untuk masa depan.  Tidak hanya itu, mereka juga dapat memberi kontribusi bagi lingkungan terdekat mereka dalam menyampaikan pentingnya nilai kebersihan.”