Bespoke atau personalisasi sudah bukan istilah baru bagi konsumen di segmen mobil mahal tanah air. Tak peduli mobil mewah, sports car dan mobil eksotik atau super car sekalipun, pembelian sesuai keinginan konsumen dapat dilakukan di masing-masing diler.

Konsumen dapat mengatur sendiri menurut kehendaknya pada mobil yang akan di beli. Mulai dari interior, konsumen dapat menyesuaikan warna interior, bahan material pembungkus kulit hingga motifnya. Mengukir inisial nama pada jok, pasti diamini oleh pihak penjual.

img_9537-6

Sementara pada bagian eksterior, konsumen dapat memilih warna mobil sesuai kehendak. Tak sebatas warna, aksesori pelengkap hingga pelek pun dapat disesuaikan keinginan sesuai dengan ketersediaan pilihannya.

Ferrari termasuk salah satu merek yang memberikan keleluasaan bagi konsumennya untuk melakukan personalisasi. Seperti apa tahapannya, bagian mana saja yang dapat di personalisasi oleh konsumen mobil eksotik tersebut dan berapa lama prosesnya?

img_9543-8

Arie Christopher, Chief Executive Officer Ferrari Indonesia menjelaskan ada dua pilihan personalisasi bagi konsumen. Pertama personalisasi biasa atau bespoke standar, yang kedua adalah personalisasi total yang kami sebut “Tailor Made’.

“Untuk personalisasi standar, konsumen dapat melakukannya di diler Ferrari di Jakarta. Kami menyediakan beberapa pilihan pendukung bespoke standar ini bagi konsumen. Sementara untuk ‘Tailor Made’, konsumen harus melakukannya di Maranello, Italia – pabrik Ferrari – untuk tingkat pilihan yang lebih lengkap,” ucapnya di Jakarta (21/9).

img_9546-9

Termasuk personalisasi standar bila konsumen hanya sebatas memilih pelek, model interior dan warna mobil. Jika sudah mendetail seperti mix and match bahan dan warna interior, pilihan warna khusus, pelek edisi terbatas hingga meningkatkan performa mesin dan pengereman termasuk dalam golongan ‘Tailor Made’.

Lebih lanjut Arie menyebutkan, untuk personalisasi standar pada 488 Spider yang baru diluncurkan pihaknya membutuhkan waktu empat sampai lima bulan sebelum mobil sampai di tangan konsumen. Sementara jika ‘Tailor Made’ menurut pengalamannya meladeni permintaan konsumen pada model lain, membutuhkan waktu hingga setahun.

img_9528-5

“Namun itu semua tergantung banyaknya permintaan dan tingkat kesulitan personalisasi konsumen,” tambah Arie.

Intinya, kaum ‘the have’ pelanggan mobil-mobil super mahal berharga miliaran Rupiah mesti dituntut kesabaran tinggi, untuk menanti kendaraan yang diidamkan tiba di garasi masing-masing.