Ada yang menarik dalam gelaran Urban Klub part 5, 14-16 Oktober 2016 di Mall Kuningan City, Jakarta. Tak hanya dihadiri oleh puluhan komunitas mobil yang terbilang muda usianya, kegiatan yang diprakarsai oleh EuroRetro Enthusiast, Van Kulture dan pelumas Federal Mobil ini, salah satunya juga diramaikan oleh komunitas Indonesia Starlet Club, Chapter Jakarta.

Sebagai wadah dari pelestari mobil antik era 1980-1990’an, Indonesia Starlet Club (ISC) menyemarakkan kegiatan di hari ketiga penyelenggaraan yang bertema klasik retro. Tujuh unit Toyota Starlet milik para anggota ISC dari berbagai tahun dan varian, terparkir rapih untuk unjuk gigi dihadapan pengunjung Urban Klub part 5 yang datang.

isc-img_2767

Vicky, Wakil Ketua ISC Chapter Jakarta menyebutkan sengaja kami ajak para anggota komunitas ISC khususnya Chapter Jakarta untuk hadir meramaikan acara ini atas undangan penyelenggara. Hari ini, Minggu (16/10) tercatat 30 sampai 40’an member yang datang mulai pagi hingga malam ini, jelas pria yang akrab dipanggil Qboy.

Indonesia Starlet Club pertama kali didirikan pada 22 Februari 1995 silam, sebagai salah satu komunitas mobil yang paling berumur, agenda rutin kopi darat (kopdar) selalu menjadi menu wajib yang dilakukan oleh para anggota komunitas ini. Tujuannya tak lain agar tercipta keakraban antaranggota ISC yang baru dengan para anggota Indonesia Starlet Club yang dianggap lebih senior.

isc-img_2771

“Dalam satu bulan, setidaknya kami rutin kumpul setiap dua minggunya. Kebetulan karena ada gelaran ini, jadi ya sekalian aja dibikin kopdar di Kuningan City,” tandas Caca, Ketua ISC Chapter Jakarta.

isc-img_2762

Dengan banyaknya populasi Toyota Starlet di Indonesia mulai produksi 1985 hingga 1998, Indonesia Starlet Club menjadi satu-satunya organisasi terbesar pengguna Starlet se-Indonesia. Hingga kini, dalam perjalanan usianya hingga 21 tahun, komunitas ini telah memiliki banyak Chapter di kota-kota besar di pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Bergabung dengan sebuah komunitas mobil tertentu, dianggap cara paling jitu untuk menyalurkan hobi melestarikan mobil yang sudah tak lagi di produksi. Indonesia Starlet Club yang telah hidup lebih dari dua dekade, mampu membuktikan kiprahnya untuk membuat para pemilik Toyota Starlet di Indonesia tetap eksis dan terus berkarya merestorasi kendaraan hatchback yang modelnya tak lekang oleh waktu ini.

isc-img_2764