Meskipun memiliki umur pakai yang terbilang panjang, shock absorber pada motor juga tetap perlu perawatan rutin. Pasalnya jika luput dari perawatan, umur pakai peranti suspensi tersebut akan terancam prematur atau jadi lebih pendek dari seharusnya.

Perawatan pun terbilang sederhana, pastikan komponen peredam kejut tersebut tetap bersih dari kotoran yang hinggap di sekujur tubuhnya. Caranya dengan rajin melakukan pencucian motor selepas melibas jalanan becek atau pascahujan.

Rully Adam Mangapul, General Manager Marketing PT Sena Auto Part Indonesia selaku distributor suspensi Ohlins di Indonesia menyebutkan, kotoran seperti debu dan pasir yang menempel pada bagian suspensi merupakan penyebab terjadinya sokbreker berumur pendek. Kotoran yang dibiarkan menempel hingga berhari-hari akan merusak sil pada as peredam kejut yang berpotensi membuat oli sokbreker bocor.

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Rully ini menambahkan, “Kotoran yang menempel pada batang atau as sokbreker,kelamaan akan menggerus dust seal atau sil debu antikotoran saat suspensi mengayun axial keatas dan kebawah. Sil berbahan karet tersebut, lama kelamaan akan menjadi getas karena menerima gesekan dari debu dan pasir-pasir yang menempel di batang suspensi sehingga merusak elastisitasnya,”.

ohlins-suspension-kit

“Sebagaimana sil berbahan karet jika sudah getas, kemampuannya menjaga kerapatan celah tentu berkurang. Sehingga lama kelamaan oli akan merembes melalui celah-celah sil tersebut hingga habis dan kemampuan sokbreker untuk meredam guncangan menjadi nihil,” jelas Rully.

Dengan rajin melakukan pencucian motor selepas digunakan di jalanan kotor dan terutama setelah melibas hujan,  tentu akan menjaga komponen peredam kejut tersebut terbebas dari kotoran membandel yang menempel.

Bagi motor dengan letak komponen sokbreker terbuka, memang lebih mudah untuk dibersihkan karena secara visual lebih mudah dijangkau. Berbeda dengan motor yang mengadopsi model peredam kejut tertutup atau berada di balik spatbor, sebaiknya gunakan air bertekanan untuk menyemprot ruang roda yang bertujuan guna merontokkan kotoran di area tersebut.