Mercedes-Benz akhirnya resmi memperkenalkan kendaraan konsep terbarunya yang menggunakan nomenklatur X-Class, Selasa (25/10) lalu di Stockholm. Pick-up double cabin yang mendapat julukan ‘The Concept’ ini merupakan pengembangan bersama pabrikan Renault-Nissan yang mengambil basis dari Nissan Navara.

Ada dua model yang diperkenalkan Mercedes-Benz untuk varian Pick-Up doucle cabin perdananya ini. Yakni Concept X-Class untuk kaum urban yang mengusung tagline Stylish Explorer dan Concept X-Class untuk penggunaan di medan off road yang menggunakan tagline Powerful Adventurer.

mb-concept-x-class-stylish-explorer

Stylish Explorer sendiri diperuntukan bagi konsumen yang ingin tampil gagah layaknya pengguna double cabin namun enggan meninggalkan prestisius dan kemewahan yang melekat dari sebuah Mercedes-Benz. Sementara Powerful Adventurer lebih kepada konsumen yang lebih mengedepankan tampilan sangar serta kapabilitas kendaraan segala medan sesungguhnya dengan aplikasi ban kembang kasar, ground clearance lebih tinggi dan overfender lebar.

Meski hadir dengan dua tampilan yang signifikan dan bertolak belakang, disinyalir keduanya akan mengadopsi sumber tenaga yang sama sebagai tenaga penggeraknya. Hingga kini Mercedes-Benz belum resmi menginformasikan soal mesin yang akan digunakan, namun diperkirakan keduanya akan menggunakan mesin diesel V6 dengan penggerak All-Wheel Drive.

mb-concept-x-class-powerful-adventurer

Sebagaimana bahasa desain Mercedes-Benz satu dekade akhri ini, tampilan depan terlihat futuristik dengan lampu utama menyipit dan gril besar beraksen krom serta rongga udara besar di bagian bumper. Sementara di belakang lebih minim dengan hanya mengandalkan dua buah lampu LED vertikal di bagian sudut.

Melihat bagian dalamnya, jelas berbanding terbalik dengan apa yang ditampilkan di sisi luar. Interior Concept X-Class memberikan kemewahan prima dengan permainan warna lembut dengan komponen khas Mercedes-Benz seperti layar sentuh monitor tengah dasbor, lupang ventilasi AC, lingkar kemudi dan kenop Mercedes-Benz COMAND System.

mb-concept-x-class-interior