Pulau Dewata dengan sejuta pesonanya sukses menggaet para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang menikmati keindahannya. Tidak hanya menarik para wisatawan, kali ini pulau Bali juga menarik puluhan pereli tanah air karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally 2016 putaran kelima (12-13/11) lalu. Tercatat sebanyak 37 peserta berlaga di Kabupaten Karangasem, Bali yang menjadi lokasi digelarnya kejuaraan tersebut.

Perlombaan yang mengharuskan para peserta menempuh jarak sepanjang 198 kilometer ini diwarnai oleh cuaca cerah yang membuat tidak adanya kendala-kendala berarti bagi para pereli. Meski demikian pertarungan para pereli di kejuaraan seri kali ini pun terbilang sangat sengit.

Wika Wahyu gagal mempertahankan gelar yang didapat pada seri sebelumnya di kelas Kejuaraan Umum. Pereli asal Jawa Timur tersebut beserta dua navigatornya yakni Dimas Respati dan Aldy Kurnia hanya mampu menduduki posisi keenam. Lain halnya Mario Handaziza bersama navigatornya Ravika Anggraini dan Nanda Ritaudrey berhasil memuncaki podium. Disusul Taufiq Qurrakhman bersama navigator Roesnoman Baboe dan Roy Prawira di posisi kedua. Sementara Nanang H beserta navigator Surya Haksara dan Nur Ariza menempati peringkat ketiga .

Di kelas Kejuaraan Seeded B, podium teratas berhasil diraih oleh Taufiq setelah mampu meredam gempuran Maya Wulansari yang bersama navigator Sukma P dan Ibram R. Pereli wanita tersebut harus puas menempati posisi runner up disusul Nurafan A Santo dengan navigatornya Jeffrey JP dan Rafi Razak sebagai navigatornya di tempat ketiga.

Pertarungan sengit pun terjadi dalam perebutan gelar Kejuaraan Team, dimana Pengprov IMI Jatim Team yang menurunkan tiga perelinya, yaitu Nanang H, Mario Handaziza, dan Rangga Arlando sukses menjadi kampium. Tempat kedua diduduki oleh  Ijen Suites Mahkota Team dan Mitsubishi – FBRT Sports 2 Team di posisi ketiga.

Selain Sekretaris Jenderal PP IMI, beberapa pejabat yang turut hadir menyaksikan jalannya perlombaan Kejurnas Time Rally 2016 putaran kelima di antaranya, Kepala Dishub Bali, I Gusti Ngurah Agung Sudarsana dan Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri. Seri kali ini pun kian menarik lantaran tidak hanya disuguhkan dengan perlombaan time rally saja melainkan diadakan pula kegiatan safety riding.

Kejurnas Time Rally 2016 putaran selanjutnya dijadwalkan akan digelar di Kalimantan Tengah (3-4/11) mendatang. Dan kemudian ditutup dengan seri pamungkas akan digelar di Jawa Timur (10-11/12) mendatang.