Setiap juara dunia pembalap Formula 1, memiliki keunikan cerita masing-masing yang menarik. Beberapa diantaranya bahkan mencatatkan sejarah baru, sepanjang penyelenggaraan Grand Prix Formula 1 sejak 1950 silam.

Demikian dengan Nico Rosberg. World Driver Championship Formula 1 2016 dari Mercedes-AMG Petronas F1 Team yang baru saja mengumumkan kepensiunannya dari balapan F1 ini, juga punya beberapa cerita menarik dan membuat sejarah baru pada kompetisi balap jet darat.

Berikut beberapa fakta menarik dari pembalap berusia 31 tahun, kelahiran Wiesbaden, Jerman Barat 25 Juni 1985 lalu.

Keke Rosberg

Keke Rosberg

Nico Rosberg adalah pembalap F1 kedua yang merupakan anak dari mantan juara dunia balap single seater tersebut. Pertama adalah Damon Hill, juara dunia F1 1996 yang merupakan anak dari Graham Hill yang dua kali menjuarai F1 pada 1962 dan 1968.

Sementara Nico Rosberg, adalah anak dari mantan pembalap F1 Keke Rosberg yang berhasil menyabet titel gelar juara dunia pada 1982 lalu.

Graham Hill

Graham Hill

Namun keduanya memiliki perbedaan. Manakala Nico Rosberg berhasil merebut trofi gelar juara dunia F1 2016 masih disaksikan langsung oleh Ayahnya Keke Rosberg, sementara Damon Hill harus merelakan selebrasi kemenangannya pada 1996 lalu tanpa dihadiri oleh Ayahnya yang sudah terlebih dahulu wafat saat kecelakaan pesawat jet pribadi 1975 silam.

Dengan begitu, keke Rosberg hingga kini menjadi Ayah pertama yang menyaksikan anaknya jadi seorang World Driver Championship, sama seperti dirinya dahulu.

Damon Hill

Damon Hill

Tak hanya itu, layaknya sebuah keluarga biasanya mereka terdiri dari satu kebangsaan yang sama. Seperti Graham Hill dan Damon Hill yang keduanya sama-sama berkebangsaan Inggris. Berbeda dengan keluarga Rosberg, Keke Rosberg merupakan pembalap kelahiran Swedia 6 Desember 1948 berkebangsaan Finlandia, sementara Nico Rosberg meskipun berdarah Finlandia namun ia lahir dan memiliki kebangsaan Jerman.

Mercedes-AMG Petronas F1 Team bukan kali pertamanya Nico Rosberg berpasangan dengan Lewis Hamilton. Sejak berusia enam tahun, Nico Rosberg telah berkecimpung dalam balapan open wheeler berjenis Karting. Saat menginjak usia 15 tahun, kali perdananya bersama Lewis Hamilton menjadi rekanan dalam sebuah tim balap Gokart di Inggris.

Nico Rosberg tercatat pertama kali berkompetisi balap Formula paling bergengsi ini di Grand Prix Bahrain pada 2006 silam. Sepanjang karirnya, Nico Rosberg mencatat 23 kali kemenangan, 57 kali podium, 30 pole position dan 20 kali fastest lap.

Nico Rosberg Mercedes-AMG Petronas F1 Team

Nico Rosberg Mercedes-AMG Petronas F1 Team