Davy Jeffry Tuilan bukanlah sosok asing di dunia otomotif Tanah Air. Sempat menjabat Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Davy kini merapat ke PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai Vice President Director of Marketing and Sales.

TheGaspol.com sempat menemuinya di sela kompetisi keahlian awak dealer Nissan-Datsun belum lama ini di Serpong, Tangerang. Menanyakan sejumlah hal, salah satunya perkembangan terbaru merjer Nissan-Mitsubishi yang telah diresmikan Mei silam.

Kalau Anda mengira bakal secepatnya muncul produk baru di Indonesia hasil kolaborasi dua merek ini, nampaknya masih harus bersabar. Karena bukan itu yang akan diterapkan kedua merek di Tanah Air, setidaknya dalam jangka waktu dekat.

“Seperti yang disampaikan oleh Carlos Ghosn (red: Chairman Nissan, Renault, Mitsubishi), jadi yang bisa immediate dilakukan adalah memanfaatkan jalur-jalur bisnis, memanfaatkan jalur-jalur distribusi, memanfaatkan supplier yang common. Karena dengan digabungkan, kan, itu jadi peningkatan skala ekonomi,” jelas pria berkacamata tersebut.

“Kalau skala ekonomi meningkat, kan, daya tawarnya jadi lebih tinggi, misalnya kepada supplier. Di tahap awal itu adalah kerja sama yang paling cepat dilakukan. Kalau secara produk belum ada sesuatu yang konkret untuk Indonesia.”

Walaupun, sebenarnya bukan hal sulit bagi Nissan dan Mitsubishi untuk memasarkan produk bersama. Keduanya berpengalaman menjual kei car alias mobil berukuran mungil di Jepang. Belakang, melibatkan Renault, dikabarkan ada pula rencana memproduksi mobil elektrik dari satu platform.