Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jelang pergantian tahun biasanya beberapa pihak yang dianggap profesional di bidangnya selalu memprediksi warna apa yang akan menjadi tren di tahun mendatang. Kali ini dari dua sumber yang berbeda, thegaspol.com akan paparkan warna yang diperkirakan akan naik daun mengisi ‘Tahun Ayam Api’ 2017 mendatang.

Pantone Color Institute, perusahaan konsultan yang menjadi rujukan panduan warna bagi para industri di dunia telah mengumumkan warna hijau atau greenery sebagai Color of The Year 2017. Lebih lanjut Pantone mendeskripsikan adalah warna hijau yang segar, penuh gairah dengan paduan bayang-bayang kuning. Mirip seperti pada hari-hari pertama musim semi, ketika dedaunan di alam mulai tumbuh, pulih, dan diperbarui.

BMW M4 GTS and CSL Hommage 2

“Greenery seperti ledakan untuk 2017 sesuai dengan harapan kita bersama di tengah kondisi sosial politik yang kompleks,” terang Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute. “Rona ini diharapkan dapat menghidupkan, memulihkan, dan memperbarui,” tambah Leatrice lewat berbagai sumber yang thegaspol.com sadur.

Pendapat berbeda datang dari kalangan visioner desain dan warna internasional yang tergabung dalam Pusat Estetika Global AkzoNobel (AkzoNobel’s Global Aesthetic Center). Mereka telah mengumpulkan berbagai data dari berbagai belahan dunia mengenai perkembangan sosial dan tren terkini, untuk membantu mereka dalam merumuskan inovasi warna terbaru.

mercedes-amg-gtr-2017

Para ahli warna, kemudian menggunakan temuannya untuk menentukan tones dan styles yang paling mewakili nuansa di 2017 adalah biru dengan nuansa denim drift. Menurut mereka, warna tersebut merupakan sebuah warna yang cantik, abadi dan fleksibel yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung bagaimana warna tersebut digunakan.

Managing Director AkzoNobel Decorative Paints South East & South Asia, Middle East, Jeremy Rowe, mengatakan, denim drift merupakan warna yang sesuai mendeskripsikan tren yang dimaksud. Dalam katalog warna kami, warna tersebut tampak seperti indigo blue yaitu biru keabu-abuan yang lebih muda, bernama smoke grey.

mercedes-gla-45-amg

“Dengan mengaplikasikannya kepada seluruh nuansa kehidupan dan gaya interior, denim drift merupakan pilihan warna yang harus dimiliki untuk setahun ke depan,” sebut Jeremy.

Jika ditilik dari para pelaku industri otomotif, warna-warna tersebut sudah mulai diaplikasikan pada produk-produk yang mulai diluncurkan akhir 2016 ini. Seperti Mercedes-AMG yang mulai memperkenalkan AMG GTR 2017 berwarna hijau dan Mercedes-Benz GLA 45 AMG serta Mercedes-Benz A 45 AMG  saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2016 lalu.

BMW Pavilion GIIAS 2015

Warna biru juga mulai dipopulerkan BMW lewat beberapa variannya. Seperti BMW M2, BMW M3, BMW M4, BMW Seri 3 hingga BMW X5M yang mulai hadir dengan pilihan warna biru sejak diperkenalkan medio 2015 lalu.

Akankah dua warna ini juga akan diikuti pabrikan lain sebagai kelir favorit pada 2017 mendatang? Kita tunggu saja..