Lewat akun Twitter resminya, tim Formula 1 Toro Rosso mengumumkan mobil balap barunya untuk musim 2017, STR 12, telah lulus uji tabrak (crash test) oleh FIA. Posting-an akun @ToroRossoSpy tersebut pada Jumat (13/1) dilengkapi dengan tagar #AllCrashTestsPassed dan #WellDoneTeam dan caption ‘So guys, good news… You’ve got a car to go testing with!’

Toro Rosso menjadi tim kedua setelah Force India yang mengumumkan mobil barunya telah lulus tes tabrak wajib FIA. Force India sudah mengumumkannya pada 6 Januari 2017.

Tim satelit Red Bull itu kini sudah bisa memakai jet darat anyar mereka pada tes pramusim. Toro Rosso tak mengubah sususan pembalap untuk F1 2017. Mereka masih mengandalkan duet Carlos Sainz Jr. dan Daniil Kvyat.

Kendati Toro Rosso belum mengumumkan tanggal peluncuran STR 12. Seperti yang dilansir dari NBC Sports, memperkirakan Toro Rosso akan membuka selubung mobil barunya sepekan sebelum tes musim dingin pertama pada 2017 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, 27 Februari-2 Maret.

Aturan baru F1 diberlakukan pada 2017. Perubahan regulasi teknis soal aerodinamika dan penggunaan tapak ban yang lebih lebar diperkirakan akan membuat mobil jet darat tersebut akan lebih cepat empat hingga lima detik di berbagai sirkuit.

Sumber tenaga baru pun disematkan oleh tim bernama lengkap Scuderia Toro Rosso. Jika pada musim lalu tim yang bermarkas di Faenza, Italia menggunakan mesin Ferrari edisi 2015, tahun depan mereka akan kembali mengandalkan sumber tenaga lansiran Renault yang pernah juga disematkan pada musim 2014-2015 lalu.