Adakalanya kita tetap melakukan riding meski cuaca buruk, tak terkecuali ketika angin sedang berhembus kencang. Tentunya, diperlukan trik khusus agar tetap selamat sampai tujuan walau perjalanan tidaklah mudah.

Richard Gladman, Kepala Standar Berkendara dari lembaga keselamatan jalan independen di Inggris bernama IAM RoadSmart sebut salah satu kunci riding aman saat angin kencang adalah menjaga kecepatan tetap rendah.

“Kurangi kecepatan dan pasang perhatian ke depan akan membantu Anda menemukan jalan yang aman berkendara pada hari-hari musim dingin,” jelas Gladman. Namun, selain itu, ada sejumlah poin lainnya yang juga patut diperhatikan.

1. Apabila ada pilihan, gunakan motor dengan bobot lebih berat. Asumsinya motor dengan bobot lebih berat memiliki centre of gravity rendah sehingga stabil. Untuk diketahui, motor fairing bermesin kecil adalah yang paling berisiko terhadap terpaan angin dari samping.

2. Pasang perhatian terhadap sekitar. Waspadai pengguna jalan lain yang juga berisiko terdampak angin kencang. Misalnya, peseda atau pejalan kaki.

3. Antisipasi embusan angin dengan memasang posisi riding yang mantap. Perlu diingat, angin juga bisa datang dari kendaraan lawan arah. Oiya, sebisa mungkin melintas di jembatan ketika angin sedang parah.

4. Kurangi kecepatan untuk meminimalisir efek angin kencang pada sepeda motor. Semakin kencang kecepatan berkendara, maka akan semakin sulit melakukan kontrol pada sepeda motor.

5. Tidak melepaskan tangan dari setang agar bisa merespon situasi darurat dengan tanggap.