Ini Kata Calon Konsumen Saat Mencoba Chevrolet All New Trailblazer Bersama Kami

Pada gelaran test drive yang diselenggarakan PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) di Senayan City akhir pekan lalu (25-26/2), konsumen diberikan kesempatan untuk mencoba tiga model terbaru dari Chevrolet yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Yaitu All New Trailblazer, All New Trax dan All New Spark.

Konsumen diberikan kesempatan untuk menguji dan mengeksplorasi habis fitur dan kelebihan yang ditawarkan Chevrolet di area yang telah disediakan GM Indonesia disamping Mall besar di kawasan Senayan tersebut. Saat itu, seorang konsumen yang kebetulan mendapatan giliran mencoba All New Trailblazer bersama kami, mengutarakan impresi berkendara yang ia rasakan saat mengemudikan SUV bermesin diesel tersebut.

Pria bernama Ichsan Anwar tersebut, saat ini merupakan pengguna SUV diesel Toyota Fortuner lansiran 2013. Kebetulan ia berencana akan meremajakan tunggangan kesehariannya tersebut dengan mobil keluaran terbaru, seperti kebiasaannya tiap lima tahun sekali.

Kenyamanan

Aspek ini merupakan yang paling penting dalam setiap mobil. Sebagai pengemudi maupun penumpang, tentu ingin perjalanan terasa mengasyikan dan tidak melelahkan berkat kenyamanan yang diberikan dari sebuah kendaraan.

“Sebagai penumpang, duduk di bangku baris tengah All New Trailblazer terbilang cukup nyaman. Meskipun harus dipaksa untuk melewati jalanan dengan gundukan buatan setinggi 10 cm, ayunan suspensi dan konstruksi joknya masih dapat memberikan tingkat kenyamanan yang baik bagi tubuh,” jelas Ichsan.

Ia pun menambahkan, saat duduk menjadi pengemudi, tingkat kenyamanan yang diberikan juga setara dengan saat dirinya duduk di bangku tengah. Guncangan tubuh saat melintasi jalan bergelombang tak terasa terlalu berlebihan.

Fitur

Bagian ini juga tak kalah penting untuk menjadi sebuah pertimbangan sebelum memutuskan untuk menebus sebuah mobil baru. Apalagi kini masyarakat Indonesia kebanyakan sudah ‘melek’ teknologi untuk fitur yang terdapat di mobilnya.

Harus diakui, All New Trailblazer kaya akan fitur penunjang berkendara yang biasanya hanya terdapat di mobil kelas premium diatasnya. Semisal fitur keamanan aktif dan pasif, fitur kenyamanan berkendara dan fitur yang memudahkan pengemudi mengoperasikan SUV ini.

Fitur keamanan aktif dan pasif diantaranya Traction Control System, ABS-EBD, Electronic Stability Control, Hill Descent Control, Hill Start Assist serta yang yang paling standard adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk fitur kenyamanan berkendara, All New Trailblazer juga telah dilengkapi bangku dengan penggerak elektrik untuk pengemudi, tombol Start/Stop Engine, Wiper otomatis dan fungsi remote start yang memungkinkan pengendara menyalakan All New Trailblazer lewat sebuah smart key dari jauh.

Sementara fitur yang dihadirkan untuk mempermudah konsumen mengoperasikan All New Trailblazer diantaranya Side Blind Zone Alert, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning System, Forward Collision Alert, hingga Tire Pressure Monitoring System.

“Fiturnya banyak banget dan berguna sekali untuk pemakaian di Jakarta. Misalnya di Hill Start Assist buat macet-macetan di tanjakan atau si remote-start yang bisa nyalain mobil duluan kalau parkir terjemur dibawah sinar matahari,” seru Ichsan.

Performa

Chevrolet All New Trailblazer dibekali dengan sumber tenaga berbahan bakar diesel dengan kapasitas mesin 2.5 liter Variable Geometry Turbocharger (VGT). Diatas kertas, tenaganya mesin dengan sebutan Duramax ini mampu mencapai 177 dk dengan torsi mencpai 440 Nm. GM mengklaim tenaga mesin dari All New Trailblazer merupakan yang terbesar dikelasnya.

Menariknya, meski mengusung sumber tenaga kekinian dengan sistem injeksi commonrail, namun mesin ini sanggup mengkonsumsi bahan bakar diesel B20 atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan biosolar. Sehingga bagi konsumen yang berada di daerah yang sulit mendapatkan bahan bakar solar berkualitas baik bukanlah menjadi halangan.

“Saat diajak berakselerasi dari diam hingga berjarak 100 meter kedepan, hempasan tenaganya begitu terasa. Meskipun ada sedikit delay antara saat pedal telah terbenam dan hentakan mesinnya,” tambah pria yang berbisnis restoran Padang ini.

Kepraktisan

Bicara soal kepraktisan, All New Trailblazer menawarkan kabin yang mudah diatur untuk membawa barang. Jok baris ketiga jika dilipat dapat memberikan lantai barang yang rata. Butuh space tambahan? Lipat saja kursi bagian tengahnya kedepan agar lebih leluasa memuat barang.

Laci-laci penyimpanan juga cukup tersedia di SUV ini. Mulai dari laci terbuka untuk memuat gadget, laci tertutup untuk barang berharga hingga cup holder untuk meletakkan minuman saat perjalanan.

Desain

Perkara desain, tentu sifatnya sangat relatif. Berbeda orang tentu akan memiliki pandangan yang berbeda soal tarikan garis dan bentuk kendaraan secara menyeluruh.

Kami sangat menyukai desainnya. Dari samping, sisi tarikan garis yang melintas mulai dari fender depan hingga belakang terlihat begitu kekar. Dilihat dari depan, signature grill khas mobil Amerika Serikat terasa begitu kental. Dari belakang, desain buritan yang seolah-olah terlihat jangkung ini menyiratkan sebuah kegagahan.

Secara keseluruhan, All New Trailblazer lebih terlihat seperti sebuah mobil produksi massal ketimbang sebuah rancangan prototype yang masih dalam tahap research and development.

Namun berbeda dengan yang diungkapkan oleh narasumber kami kali ini. “Saya lebih suka model pesaing-pesaingnya (Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport). Pasalnya lebih terlihat modern dan futuristik,” timpal warga Pondok Indah ini.

Kesimpulan

Berbagai aspek tentu menjadi pertimbangan pembeli sebelum meutuskan untuk meminang mobil tersebut. Apalagi konsumen di Indonesia memiliki keberagaman sifat dan pemikiran.

Boleh jadi mobil tersebut berlimpah fitur-fitur modern, mudah dikendarai dan memiliki ketangguhan yang lebih baik dibanding seterunya. Namun sebagai konsumen, layanan purnajual dan resale value masih menjadi tolak ukur utama masyarakat Indonesia. Jika Agen Pemegang Merek (APM) tak mampu memberikan layanan yang memuaskan bagi konsumen, tentu akan menjadi bukan sebuah pilihan.

Menariknya, untuk memancing minat konsumen SUV baru di tanah air, Chevrolet memberikan kemudahan berupa jaminan perawatan gratis selama tiga tahun (suku cadang, oli dan biaya service) di seluruh jaringan perawatan resmi Chevrolet di Indonesia. Artinya, dalam tiga tahun Anda tidak akan dibebankan biaya apapun untuk mengoperasikan SUV ini kecuali biaya bahan bakar dan pajak kendaraan.

Di Indonesia, GM Indonesia menawarkan dua opsi trim untuk All New Trailblazer. Tril LT dengan kelengkapan standard dihargai Rp 430 juta, sementara yang lebih lengkap dengan trim LTZ di banderol Rp 455 juta untuk on the road Jabodetabek.

Kembali ke narasumber, “apakah akan membeli mobil ini?,” Tanya kami. “Akan saya pertimbangkan,” tegas Ichsan sambil mengakhiri pembicaraan.