Sebagai sponsor utama dan pemasok bahan bakar untuk Tim Mercedes AMG di balap jet darat, Petronas meluncurkan bahan bakar dan pelumas baru untuk kompetisi balap Formula 1 2017. Produsen bahan bakar dan pelumas asal negeri Jiran ini berharap komposisi teknologi baru di cairan pembakaran ini dapat memberikan keunggulan pada tim Mercedes AMG untuk melawan tim lainnya.

Bahan bakar baru dengan nama Primax ini telah menjalani proses penelitian panjang di Italia untuk mencari komposisi yang pas dari setiap mililiternya untuk memberikan performa terbaik pada ruang bakar Mercedes AMG W08 Hybrid.

Sementara pelumas Syntium yang memiliki performa baru, juga akan menjalani proses pengujian bersama bahan bakar Primax tersebut pada tes pramusim ini di Barcelona.

Tahun ini, beberapa aturan baru soal teknis kendaraan diberlakukan di balap jet darat. Diantaranya dalam satu musim, satu tim hanya diperbolehkan menggunakan maksimal hingga empat buah mesin.

Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi Petronas untuk menciptakan sebuah bahan bakar  dan pelumas yang bukan hanya memiliki performa terbaik, namun juga memberikan dampak umur panjang pada komponen sumber tenaga tersebut. Formula baru pada bahan bakar dan pelumas tersebut diklaim dapat memenuhi kebutuhan tenaga yang lebih besar serta mencegah terjadinya kerusakan pada jeroan internal mesin.

“Mesin baru akan memberikan kinerja yang lebih baik dengan memindahkan batas konversi energi. Oleh sebab itu Petronas Primax dan Petronas Syntium hadir untuk menjawab tuntutan para direktur teknis Mercedes,” ungkap Manager Petronas, Andrea Dolfi seperti yang dikutip dari laman Motorsport.

Dolfi menambahkan, penilaian secara signifikan dengan mengambil data percobaan di Barcelona mungkin akan menjawab semuanya. Namun saat ini kami sangat puas dengan semua pekerjaan yang telah kami lakukan.