Hari ini (3/3), PT Garda Andalan Selaras (PT GAS) selaku pemegang merek Triumph di Indonesia tidak hanya memperkenalkan showroom anyarnya ke awak media. Namun perusahaan yang telah menjual unit dan membuka layanan servicenya sejak 30 Agustus 2016 ini juga memboyong 5 motor Triumph model tahun 2017. Apa saja?

Triumph Tiger 800 XCx
Model pertama datang dari keluarga adventure. Namanya Triumph Tiger XCx. Berbekal mesin tiga silinder 12 valve DOHC berkapasitas 800cc, motor ini cocok untuk dipacu para penggemar adventure. Tenaga 95hp-nya siap diajak untuk melaju di aspal mulus dalam perjalanan touring. Sementara torsi puncak sebesar 79 Nm cukup mumpuni untuk melibas medan off-road saat berpetualang. Belum lagi penerapan beragam fitur terkini yang diklaim bakal membawa Triumph Tiger 800 XCx ke level teratas segmen motor dual sport/adventure. Sebut saja ABS, Traction Control, Riding Modes: Road, Off-Road dan Rider Modes, Trip Computer hingga Cruise Control. Segudang keunggulan yang ada di motor ini bisa Anda bawa pulang hanya dengan dana sebesar Rp. 375 juta (Off the Road).

Triumph Street Scrambler
Yang satu ini motor favorit kami. Sayangnya kami tidak bisa melihat langsung motor ini di showroom PT GAS. Soalnya menurut sumber, model dimaksud terlambat datang dan masih berada di Pelabuhan Tanjung Priuk. Menurut data spesifikasi yang dirilis pabrikan, mesin parallel twin SOHC yang punya kubikasi 900cc milik Triumph Street Scrambler sanggup menyemburkan tenaga sebesar 55hp dengan torsi 80 Nm. Tapi tidak hanya itu yang jadi keunggulannya. Walau punya desain klasik, tapi berbicara soal teknologi motor ini tidak kalah. Sebut saja teknologi Ride by Wire, Switchable ABS sampai Switchable Traction Control. Canggih kan? Anda bisa membawa pulang motor ini setelah merogoh kocek sebesar Rp. 325 juta (Off the Road).

Triumph Bonneville T120
Dua varian Bonneville T120 (Standard dan Black) juga hadir hari ini. Walau teknologi yang diusung mirip-mirip dengan saudaranya di atas, tapi Triumph Motorcycles mempersenjatai model ini dengan mesin anyar. Lumbung pacu parallel twin 1200cc high torque 8 valvenya punya daya puncak hingga 80 hp dengan torsi 105 Nm. Pihak Triumph mengklaim torsi ini bisa didapat pada 3100 rpm. Oh ya, tenaga puncaknya juga 18% lebih besar ketimbang mesin lama lho. PT GAS menyematkan banderol Rp. 363 juta (Off the Road) buat kedua varian Bonneville T120.

Triumph Bonneville Bobber
Kalau yang ini cocok untuk Anda yang mau punya Bonneville bergaya custom tapi malas nongkrong di bengkel. Pasalnya di Triumph Bobber, beberapa komponen yang ada di Bonnie dilucuti biar menghasilkan esensi bobber sejati. Belum lagi pencangkokkan fitur-fitur keren. Seperti kotak aki dengan strap stainless steel, bar end mirror, throttle body bergaya karburator, single seat hingga hub bergaya tromol. Tapi tenang. Fitur canggih yang ada di T120 tetap dipasang di motor ini. Mulai dari Dual Riding Modes (Road & Rain), Ride by Wire, Switchable Traction Control, Torque-Assist serta Engine Immobiliser. Triumph Bobber dilego dengan harga Rp. 380 juta (Off the Road).

Triumph Thruxton 1200 R
Di keluarga Modern Classic, model ini jadi top of the line-nya. Ya, selain dibekali sama mesin parallel twin 1200cc bertenaga 97 hp dengan torsi 112 Nm, motor bergaya cafe racer dimaksud juga punya beberapa fitur tambahan selain fitur standar yang membedakannya dengan varian Thruxton biasa. Sebut saja rem cakram kembar 310mm dari Brembo yang dijepit kaliper 4 piston di depan dan single disc 220mm plus floating caliper 2 piston bermerk Nissin di belakang. Belum lagi tambahan fork Showa USD 43mm di depan serta Fully adjustable twin shocks dengan piggy back dari Ohlins di buritan plus balutan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa. Tidak heran kalau Triumph Thruxton 1200 R diganjar banderol Rp. 446 juta (Off the Road).

Triumph Street Twin
Yang terakhir adalah Triumph Street Twin. Tampilannya merupakan harmonisasi antara gaya klasik khas Triumph Bonneville dengan imbuhan sedikit kesan kontemporer. Simak saja striping yang melintang di tangki bensin, bodywork yang minimalis, hingga penggunaan velg racing. Soal teknologi sih masih sama seperti saudaranya yang lain. Sementara urusan mesin dipercayakan pada dapur pacu parallel twin berkapasitas 900cc dengan tenaga puncak 55 hp dan torsi maksimal sebesar 80 Nm. Menurut kami model ini cocok ditunggangi oleh orang Indonesia. Lantaran seat heightnya hanya 750mm. Mau tahu harganya? Cukup Rp. 325 juta (Off the Road).