Tahun ini, Shell kembali mendukung Tim Indonesia di Shell Eco-Marathon 2017 yang akan diadakan di Singapura pada 16-19 Maret 2017.  Ajang ini merupakan sebuah kompetisi adu irit kendaraan mobil akan digelar di Changi Exhibition Center, Singapura.

Sebanyak 26 tim mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di 8 propinsi, termasuk Tim Nakoela/Sadewa, Tim Bumi Siliwangi, Tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation siap bertanding membawa nama baik Indonesia.

Tahun lalu, Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung menjadi juara pertama pada Shell Eco-Marathon Asia Manila 2016. Tim ini berhasil mengungguli 117 tim mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Australia.

Tim Bumi Siliwangi berangkat mewakili Asia di ajang Drivers’ World Championship London dan menjadi Juara Pertama di event tersebut mengungguli tim dari Eropa dan Amerika yang telah berpengalaman. Mahasiswa Indonesia akan berupaya mempertahankan gelar juara dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2017.

Manager tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Ramdhani mengatakan pihaknya akan berusaha mempertahankan gelar juara yang telah diperoleh tahun lalu. Mobil Urban Concept yang akan diikutsertakan kali ini sudah mendapat perombakan total sehingga lebih ringan dan kokoh.

Perubahan yang signifikan terjadi di bagian kerangka baru, desain baru dan bagian bodi. “Berkat penggunaan bahan serat karbon, bobot mobil turun 6 kilogram dibanding sebelumnya yang menggunakan bahan fiberglass,” kata Ramdhani.

Darwin Silalahi, Country Chairman dan Presiden Direktur PT Shell Indonesia, pada acara pelepasan tim, di Jakarta, Jumat (10/3) melalui keterangan tertulisnya menilai adanya antusiasme yang semakin tinggi dari mahasiswa Indonesia pada ajang yang telah memasuki tahun kedelapan ini.

“Partisipasi ini menunjukkan luasnya sebaran dan konsistensi keterlibatan generasi muda Indonesia untuk secara langsung membantu dunia menghadapi tantangan energi masa depan,” tutup Darwin.