A63OSaAfceE

Sebuah Honda Brio baru sengaja ditebus setahun lalu dari diler untuk dijadikan basis operasi. Citycar tersebut dirancang untuk melakukan transplantasi sumber tenaga baru yang lebih besar hasil cangkok dari Honda Civic Type-R! Bayangkan, jantung pacu bawaan Honda Civic Type-R dibenamkan di dalam kompartemen mesin Honda Brio.

Alih-alih membiarkan mesin berkode K20A tersebut tampil standar, punggawa bengkel Supernova dimaksud justru kurang puas dengan performa penghasil daya bertenaga  200 dk dan torsi 232 Nm-nya. Alhasil, bagian blok mesin sengaja diganti milik K24A demi memasukan piston Arias 87 mm, setang piston Eagle dan metal ACL Bearings. Dengan komposisi jeroan diatas, kapasitas Brio ini melonjak menjadi 2.4 liter dengan rasio kompresi mencapai 10,5:1.

Di bagian kepala silinder, ubahan dilakukan di bagian noken as yang menggunakan Skunk 2 stage 3, per klep Skunk 2 dan retainer klep Skunk 2. Aliran udara yang masuk ke mesin diperbesar lewat intake manifold lansiran Skunk 2 Ultra Series dan throttle body K Tuned 90 mm. Sementara aliran gas buangnya diperlancar dengan mengadopsi produk lokal ORD Exhaust System yang secara khusus men-develop sistem gas buang Brio K24 ini.

“Mobil ini tiap hari jadi transportasi saya untuk dari rumah ke bengkel. Pernah juga sekali dipakai mudik lho.. Sensasinya ya luar biasa punya mobil harian bertenaga 360 dk dengan torsi 340 Nm,” tutup Hafiedz bangga. Penasaran? Simak langsung videonya