Tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) sukses menjuarai kompetisi adu irit Shell Eco Marathon 2017 di Singapura, Sabtu (19/3) lewat mobil purwarupa kreasinya. Tim Sadewa UI, begitu nama tim ini disebut juga berhasil memecahkan rekor baru untuk kategori Urban Concept Asia dilomba tahunan ini.

Tim ini mencatat hasil 375 km/liter, dimana hasil ini merupakan pemecahan rekor atas hasil yang mereka capai di 2014 dengan 301 km/liter. Sementara tim LH-EST dari Vietnam juga mencetak kemenangan dengan catatan rekor hasil 107.8km/kwh, namun dalam kelas Battery Electric.

Pengemudi tim Sadewa UI, Muhammad Andre Widianto menyampaikan rasa gembiranya atas prestasi yang diraih, “Tahun lalu kami menang di kategori Urban Concept, tapi gagal meraih gelar juara di Drivers’ World Championship (DWC). Kami ingin mencatat prestasi yang membanggakan, untuk diri sendiri, orang tua kami, dan pastinya untuk Indonesia.”

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kategori kompetisi mengalami perubahan. Pada tahun-tahun sebelumnya kategori kompetisi didasarkan sumber energi yang digunakan untuk menggerakkan mobil, yaitu bensin, solar, etanol, gas natural, baterai listrik, dan hidrogen.

Sementara tahun ini kompetisi didasarkan atas tiga kelas energi saja yaitu Mesin Pembakaran Internal Internal Combustion Engine, Battery Electric, dan Hidrogen.