Dalam dunia otomotif ada anggapan yang mengatakan bahwa desain simpel tak akan pernah dimakan waktu. Ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil-mobil ikonis punya desain yang bisa dibilang “itu-itu” saja. Namun, masihkah anggapan ini relevan? Mengingat sejumlah produk beken mulai tampil dengan desain eksterior yang berani keluar dari pakem rancangan awalnya.

Ambil contoh sedan ini. Siapapun yang melihat the legendary Civic pada generasi kesepuluh pasti akan terdorong untuk mengomentari desain eksteriornya. Dan rasanya semua mata setuju kalau Honda Civic Turbo punya perawakan yang begitu agresif, keren, jauh dari kesan simpel atau sederhana.

Namun di luar semua buaian eksterior yang dipunya Honda Civic Turbo, mobil ini tetaplah harus bisa menjalani tugasnya sebagai mobil “kota”. Mengapa begitu? Karena awal mulanya Honda memang menciptakan Civic untuk menunjang mobilitas masyarakat di lingkungan urban. Sesuai dengan namanya sendiri, “civic” yang dalam sejumlah kamus bahasa asing diartikan sebagai “hal-hal terkait masyarakat perkotaan.”

Berangkat dengan gagasan itulah pada 1972 Honda Civic menjalani debutnya di Jepang. Civic juga lahir sebagai perwujudan mimpi Honda untuk menciptakan mobil bagi semua orang. Bahkan, semua orang di dunia. Mengingat mobil ini mengaspal di lebih dari 160 negara apabila merujuk pada situs global Honda.

Lalu, mengingat dinamisnya perilaku konsumen di kawasan perkotaan, Civic tidak bisa hadir seadanya. Pada sisi estetika Honda Civic Turbo jelas tampil stand out. Luar biasanya lagi sedan berkode bodi FC ini juga menawarkan kepraktisan yang istimewa. Akuilah bahwa kita membutuhkan daya angkut besar. Anda benar-benar bisa membawa banyak kargo di bagasinya. Mulai dari sebatas barang-barang hobi hingga travel bag terisi penuh untuk keperluan pergi waktu lama.

Thanks to Honda Prospect Motor yang memperbolehkan TheGaspol membawa pulang seunit Civic Turbo yang kami foto ini. Pertama kali melompat ke balik setirnya, Anda akan tenggelam dalam horizon posisi mengemudi. Tubuh Anda seolah-olah ditempatkan pada level terendah dengan aspal.

Yang mana posisi ini sangat ideal bagi driver yang punya gaya berkendara sporti. Cobalah bermanuver dengan kemudinya yang tajam tersebut. Dan tubuh Anda akan merasa tertanam kukuh di atas jok berbahan kulitnya. Dibanding pendahulunya, Honda Civic Turbo memang mendapat improvement dalam hal dimensi. Panjangnya memang hanya melar sekitar satu sentimeter, namun Honda Civic Turbo lebih lebar 3,2 cm. Lebih lebar yang artinya mobil kian mantap melaju di atas lintasan jalan.

Beralih ke dalam kabin, bisa didapati head unit yang sangat kapabel untuk memenuhi kebutuhan Anda. DVD player, GPS, kamera mundur, sambungan ke ponsel? Semua tersedia dan bisa dioperasikan lewat layar sentuhnya yang punya resolusi tajam. Oiya, apa kami sudah menyinggung bahwa head unit tersebut juga bisa menjalin koneksi internet dengan memanfaatkan modem? Pengalaman menyenangkan di dalam kabinnya masih didukung pula oleh layout dasbor sekaligus lokasi tombol-tombol yang terkesan driver oriented.

Yang kami suka dari mengendarai Civic adalah mobil ini menghadirkan semangat untuk selalu merasa muda. Tak ada habisnya muncul ide-ide nakal untuk menekan pedal gas lebih dalam. Ya, performanya memang beda jauh dengan Civic yang turun di Rallycross – catatan waktu Civic Rallycross  0-100 km/j dalam 1,6 detik adalah di luar bayangan – namun Anda tetap bisa merasakan aura sporti yang kental pada mobil ini.

Salah satunya berkat ruang bakar empat silinder segaris yang sebenarnya cukup compact dengan kapasitas 1.500 cc. Tapi kehadiran turbo bisa melejitkan output tenaganya hingga mencapai 173 daya kuda dan torsi puncak di angka 220 Nm. Apa istimewanya angka-angka tersebut? Anda bisa menilai bahwa Honda Civic Turbo itu efisien dan bertenaga apabila membandingkannya dengan performa mesin generasi terdahulu. Yang menggunakan powerplant lebih besar, 2.000 cc naturaly aspirated, namun tenaganya sebatas 155 daya kuda dan torsi 190 Nm.

Desain eskterior menawan, performa mesin gemilang. Ditambah lagi nilai positif pada sejumlah sisi, misalnya kabin yang lapang dan nyaman. Belum lagi pengalaman mengemudi menyenangkan dari pengendaliannya yang cukup tajam. Civic memang sudah sejak lama naik kelas menjadi sedan yang mapan. Maka tak aneh apabila sering terdengar ucapan, ” Civic keluaran baru sudah terlalu nyaman.”

Namun, semuanya itu ibarat kombinasi untuk ingin mengendarainya lagi dan lagi. Sebuah sedan seharga Rp480 jutaan yang jauh dari kata membosankan.