Ada yang menarik saat siaran langsung MotoGP 2017 dari Sirkuit Losail, Qatar, Senin (27/3) dini hari. Kendati akhirnya terjatuh, namun Johann Zarco  pembalap tim Monster Energy Tech3 Yamaha sempat memimpin pertandingan hingga enam putaran, meninggalkan pembalap lain dibelakangnya.

Sebagai pembalap pendatang baru (rookie) di MotoGP, Zarco mampu melesat tak terkejar oleh Andrea Dovisioso yang persis berada di belakangnya. Namun nahas, meski Zarco sempat menorehkan waktu tercepat 1:55,990 detik, ia harus rela tak bisa menyelesaikan perlombaan karena terjatuh.

“Selepas start saya tahu saya tak jauh dari pembalap terdepan untuk mengambil kesempatan menyalip agar memimpin balapan. Selanjutnya saya harus menahan ritme konsistensi balapan agar balapan berlangsung aman,” jelas Zarco pada MotoGP.

Pembesut Yamaha YZR-M1 ini menambahkan, sayangnya di lap keenam ketika mencoba sedikit mengendurkan kecepatan balapan, saya sedikit keluar jalur balap dan terjatuh di tikungan kedua.

“Memang disayangkan, sebagai rookie, meski kita telah mencapai batas maksimal namun masih banyak yang harus dipelajari dari kesalahan ini sebagai pembelajaran di balapan berikutnya,” ucap Zarco.