Jelang kompetisi FIA World Endurance Championship 2017 dan balap ketahanan Le Mans 24H, Toyota mempersiapkan senjata baru untuk melawan para kompetitornya. Tahun ini Toyota akan menggunakan mobil baru berkode TS050 Hybrid LMP1.

Mobil yang akan bertarung di kelas LMP1 ini mengusung mesin berkonfigurasi V6 dengan kapasitas ruang bakar mencapai 2,4 liter. Powerplant ini juga akan bekerja berbarengan motor penggerak listrik bertenaga 8 Mega Joule.

Mengacu regulasi yang berlaku tahun ini, sejumlah ubahan dibuat untuk mengatur kecepatan mobil terkait masalah safety. Di Le Mans 24H Toyota kembali akan menurunkan tiga buah mobil sama seperti saat balap ketahanan 1999 lalu.

Toshio Sato, Presiden Direktur tim Toyota menyebutkan, tentunya kami ingin meraih sebuah kemenangan tanpa adanya keraguan saat memperolehnya. Tapi kami paham akan sulit sekali bertarung melawan Porsche di trek.

“Dengan adanya tiga buah mobil kami rasa akan memperbesar peluang kami memperoleh kemenangan dan memberikan sebuah pertunjukan yang seru bagi fans Toyota di Le Mans,” tambah Sato seperti dilansir dari Carscoops.

Toyota TS050 Hybrid akan dikendarai oleh empat pembalap kawakan yang memiliki pengalaman di balap ketahanan. Yaitu Kamui Kobayashi, Sebastien Buemi, Anthony Davidson, dan Kazuki Nakajima.