Piaggio Indonesia bukan hanya memasarkan kendaraan roda dua dengan merek Vespa, Piaggio, dan Moto Guzzi. Namun, termasuk juga brand sportsbike Aprilia.

Dibanding ketiga merek yang lebih dulu disebut, nama Aprilia tidak begitu sering terdengar promosinya. Lantas, sebenarnya bagaimana startegi Piaggio Indonesia dalam memasarkan Aprilia?

Marketing Director Piaggio Indonesia Andre Sanyoto sebut pihaknya masih berupaya memahami pasar Aprilia secara perlahan. Karena sudah jelas ada perbedaan besar antara pasar Aprilia dibanding ketiga merek lain, Vespa, Piaggio, bahkan Moto Guzzi.

“Kita masih melihat marketnya. Kalau untuk scooter Vespa dan Piaggio bahkan untuk produk MP3, dari sisi ketertarikannya masih bisa kita perkuat,” terang Andre. Ia juga menilai untuk merek Vespa, Piaggio, dan Moto Guzzi masih memperoleh dukungan dari scene komunitasnya yang kian berkembang.

Ia melanjutkan, “Kalau untuk Aprilia kita saat ini pelan-pelan memahami marketnya seperti apa.” Tentunya, termasuk tantangan-tantangan dalam memasarkan sepeda motor yang kental DNA balap tersebut.

Pada level konsumen, selain harga, performa sportsbike Aprilia yang diklaim di atas rata-rata juga dinilai sebagai faktor yang bikin konsumen berpikir dua kali membeli sportsbike Aprilia.

“Riding-nya pun juga butuh skill yang advance karena sangat powerfull, performanya sangat luar biasa jadi tidak banyak orang yang mampu mengendarainya secara aman,” sambung Andre.

Sampai sekarang produk Aprilia yang dipasarkan di Indonesia antara lain Aprilia RSV4 RR Race Pack dan Aprilia RSV4 RF Superpole.