Vespa 946 (RED) direncanakan bakal meluncur di Indonesia pada semester kedua tahun 2017. Hadirnya model ini meneruskan tradisi Vespa melahirkan model andalannya, 946, setiap tahun. Yang didapuk sebagai bentuk selebrasi hari jadi lahirnya skuter Vespa.

“Untuk di Indonesia kita rencananya bakal launching pada semester dua,” jelas Marketing Director Piaggio Indonesia Andre Sanyoto di Tangerang, Senin, 10 April 2017.

Namun, Vespa 946 (RED) bukan hanya membawa semangat sebuah perayaan. Melainkan, juga menjadi bentuk kepedulian Vespa ambil bagian gerakan global memerangi HIV/AIDS.

Dari situs resmi Vespared.com, terlihat generasi terbaru Vespa 946 punya penampilan yang tak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Bodinya memanfaatkan material steelplate monocoque dikombinasikan dengan komponen-komponen berbahan aluminium.

Sedangkan mesinnya menggunakan ruang bakar berkapasitas 125 cc, tiga katup, 4-tak.

Dari segi desain, Vespa 946 (RED) dikatakan menjadi evolusi gaya yang diimbuhi terobosan-terobosan baru yang justru memperkuat citra elegan desain orisinil skuter khas Italia tersebut.

RED sendiri merupakan sebuah organisasi non pemerintah yang berupaya menghimpun dana dari perusahaan besar untuk disalurkan ke badan peduli HIV/AIDS The Global Fund. RED sudah berdiri semenjak 2006 dengan tokoh Bono dan Bobby Shriver di belakangnya.