PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Ignis, Senin (17/4). Sebagai Urban SUV yang menyasar kepada konsumen berjiwa muda, Ignis hadir dengan membawa tampilan dan fitur yang diunggulkan oleh Suzuki.

Mulai dari sisi eksterior, Ignis menggunakan projector headlamp dengan DRL LED yang membingkai lampu utama. Sementara bagian foglamp dibingkai dengan aplikasi krom seperti pada bagian grill depan.

Di bagan samping, overfender berbahan plastik hitam digunakan untuk menegaskan aksen sebuah crossover yang gagah berikut sepasang roofrail di bagian atap. Bagian lingkar roda dilengkapi dengan pelek alloy berdiameter 15 inci dengan ban 175/65. Sementara di belakang, garnish hitam horizontal terpasang melintang di bagian bumper untuk memberikan kesan lebar pada mobil kompak ini.

Di dalam kabin, Ignis tampil modern dan futuristik pada tatanan interiornya. Warna sesuai eksterior juga ditemui pada bagian doortrim dan konsol tengah. Jok pengendara depan dan penumpang memiliki bentuk semi bucket seat yang sportif namun juga nyaman diduduki berkat adanya sandaran kepala terpisah yang dapat disetel ketinggiannya.

Sayangnya, bagi pengemudi dan penumpang dengan tinggi postur lebih dari 175 cm, akan terasa kurang lapang saat duduk di dalam Ignis. Pasalnya ruang kepala dan ruang kaki yang disediakan baik di sisi depan maupun belakang kabinnya terbilang cukup terbatas.

Di bagian meter cluster, Ignis menyajikan tatanan yang informatif dan mudah terbaca oleh pengemudi. Segala informasi soal baterai, Immobilizer, Power Steering, ABS, parking brake, indikator oli, RPM meter, Speedometer, sabuk pengaman hingga kantung udara.

Di sisi tengah dasbor, terdapat headunit memiliki beberapa perangkat pemutar music mulai dari MP3, USB, AUX hingga Bluetooth. Suzuki juga menjual terpisah sebuah perangkat hiburan dengan fitur layar sentuh mirip versi India tempat mobil mungil ini dirakit.

Akses ke kabin juga dipermudah berkat fitur Keyless Entry yang bekerja dengan jarak tak lebih dari 80 cm antara mobil dengan anak kunci. Untuk menyalakan dan mematikan mesin kendaraan, cukup memencet tombol start/stop yang tersedia di dasbor tanpa harus memutar anak kunci.

Sebagai sebuah Urban SUV, Ignis memiliki berbagai konfigurasi pelipatan bangku belakang. Dalam posisi terpasang, Ignis dapat menampung sejumlah 267 liter barang di bagasi. Sementara jika dilipat dengan konfigurasi 60:40, daya tampungnya bertambah menjadi 469 liter. Pun demikian saat masih dibutuhkan ruang lebih di bagasi, kedua jok belakang dapat dilipat sehingga menaikan kapasitas daya angkutnya menjadi 947 liter.

Peranti keamanan dan keselamatan berkendara juga menjadi perhatian bagi Suzuki. Seperti sistem pengereman dengan ABS, EBD dan Brake Assist, pengaturan tinggi sinar lampu depan hingga dual airbag dan sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner force limiter sebagai alat bantu keselamatan.

Meski dengan harga jual yang relative terjangkau mulai dari Rp 139,5 juta, Ignis dilengkapi dengan teknologi struktur body yang disebut Suzuki sebagai Total Effective Control Technology dengan platform Heartect. Yaitu struktur baja rigid di bagian bawah kendaraan yang selain berbobot lebih ringan, namun juga kuat terhadap guncangan-guncangan saat diajak melibas jalan jelek.

Selain pada bagian rangka body, Suzuki juga memangkas bobot Ignis lewat power plant unit berkode K12M yang terbuat dari bahan alumunium. Meski mesin berkapasitas 1.197 cc ini hanya bertenaga 81,8 dk dan torsi 113 Nm, namun memiliki perbandingan power to weight ratio yang seimbang dengan bobot Ignis.

Kendati berkapasitas mesin kecil dengan harga jual terjangkau, Suzuki menjamin mobil ini bukanlah sebuah kendaraan yang masuk dalam kategori KBH2 atau Kendaraan Bermotor Hemat BBM Harga Murah seperti yang dicanangkan pemerintah. Dengan genre baru Urban SUV seperti yang disebut Suzuki, Ignis hadir sebagai alternatif bagi konsumen yang butuh kendaraan kecil, efisien dalam konsumsi bahan bakar namun tetap bergaya dan memiliki banyak fitur mewah.