Setelah resmi diperkenalkan pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi meluncurkan Ignis di pasaran Indonesia, Senin (17/4). Kendati berdimensi kompak, namun Suzuki mengkategorikan Ignis ke dalam genre Sport Utility Vehicle (SUV) yang membidik pasar kaum muda urban tanah air.

Dikembangkan sebagai Urban SUV, Ignis memiliki kapabilitas layaknya sebuah mobil ‘tinggi’ dengan segala kemampuannya melibas berbagai kondisi jalan. Semisal posisi air intake setinggi 700 mm dari tanah yang membuatnya aman melintasi genangan air, lingkar roda 175/65 R15 dengan ground clearance setinggi 180 mm yang menjamin keamanan bagian kolong mobil dari benturan saat melewati jalanan bergelombang serta pengaturan konfigurasi bangku yang akomodatif untuk segala keperluan.

Dibalik kap mesinnya, Ignis menyimpan sumber tenaga empat silinder K12M dengan kapasitas 1.197 cc. Mesin DOHC yang dilengkapi dengan fitur variabel katup ini mampu memproduksi tenaga 81,8 dk dengan torsi 113 Nm yang cukup efisien ke roda depan.

Dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan, Ignis memiliki tingkat efisiensi bahan bakar mencapai 23,64 Km/l, menurut klaim Suzuki. Sementara pilihan varian transmisi AGS (Auto Gear Shift), Ignis membukukan catatan efisiensi mencapai 23.44 Km/l.

Menyasar konsumen muda yang aktif serta bergaya, Suzuki membanderol Ignis dengan harga yang relatif terjangkau untuk sebuah mobil perkotaan yang memiliki tingkat kelayakan diatas LCGC. Varian terendah GL M/T di banderol seharga Rp 139,5 juta. Sementara varian tertinggi GX memiliki harga jual Rp 159,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 169,5 untuk transmisi AGS.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS menyebutkan, Suzuki Ignis adalah pilihan terbaik bagi pengendara yang memerlukan kendaraan stylish dan modern. Mobil ini dirancang untuk menunjang mobilitas dan gaya hidup perkotaan yang memperhitungkan sisi aerodinamika dan bobot untuk mencapai efisiensi penggunaan bahan bakar.