Hankook telah menjadi mitra ban eksklusif untuk produsen-produsen mobil premium Jerman dalam seri balap mobil bergengsi DTM sejak tahun 2011. Meski demikan, ada sedikit perubahan pada musim ini.

Masih dengan dimensi yang sama, kini Hankook Ventus Race diklaim menawarkan daya cengkeram yang lebih kuat dan degradasi yang cepat. Sementara itu, Ventus Race Rain tetap tidak berubah, lapisan ban Hankook terbaru dirancang untuk membuat balapan semakin seru dan menarik.

Sirkuit Hockenheimring yang menjadi lokasi lomba adalah suatu ujian bagi lapisan ban Hankook yang baru dikembangkan. Sirkuit berkecepatan tinggi yang bervariasi ini memiliki sisi-sisi lambat dan sempit, serta sudut yang cepat dan lurus, sehingga menjadikannya sebagai salah satu trek balap yang paling menantang di DTM.

Selain itu, mobil-mobil balap sering dikemudikan di atas tepi jalan yang tinggi dan tajam pada kecepatan tinggi yang membuat Ventus Race harus bekerja di bawah tekanan yang ekstrim. Namun, ban Hankook selalu dapat menguasai tantangan ini dengan sempurna sebelumnya.

Pada musim ini, seri balap di hari Sabtu dan Minggu memiliki durasi yang sama: 55 menit ditambah satu putaran. Pembalap juga membuat satu pit stop wajib di setiap balapan. Mobil menjadi lebih kuat dan memiliki downforce yang jauh lebih sedikit. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap, khususnya karena tidak ada lagi kesempatan untuk memanaskan ban terlebih dahulu.

“Itu adalah tantangan yang nyata bagi para pembalap. Mereka memulai dengan banVentus Race yang dingin dan tekanan udara rendah, serta harus membuat ban bekerja secepat mungkin. Mereka tidak dapat memaksakan kinerja yang terlalu keras, karena ban balap Hankook hanya memberikan daya cengkeram penuhnya ketika mencapai suhu jendela optimal. Pit stop ini menjadi sangat menarik. Pembalap datang dengan ban yang telah mencapai suhu kerja optimal, namun kemudian lapisannya akan kembali menjadi dingin. Siapapun yang tidak berhati-hati dan berakselerasi terlalu keras akan segera berakhir di dinding pit,” kata Manfred Sandbichler, Motorsport Director Europe Hankook.