Parade supercar nan eksotis selalu menjadi hal yang menarik. Kami masih ingat betapa mengesankannya acara perayaan hari jadi 70 tahun Ferrari yang digelar di BSD City, Tangerang belum lama ini. Peryaan itu belum putus dan pemandang serupa – namun tentunya lebih otentik – kembali terjadi dalam sebuah festival yang dinamakan Ferrari Cavalcade Classiche.

Kami bilang lebih otentik dikarenakan Ferrari Cavalcade Classiche mengambil tempat di negara yang menjadi tanah kelahiran mobil-mobil Ferrari, Italia atau tepatnya di Tuscany pada 5 sampai 9 Mei silam. Mobil yang mengisi parade ini bukan main-main. Setidaknya ada tujuh puluh mobil Ferrari dari dua puluh negara yang turut serta.

Mobil-mobil yang ikut muncul seperti 340 Mille Miglia, 250 SWB, 250 Le Mans, 250 Tour de France, 500 TR, dan 860 Monza. Deretan mobil yang menjadi tonggak sejarah Ferrari itupun ambil start dari Forte dei Marmi sebelum menjelajahi visual yang menawan sepanjang reli. Pemandangan dan perkampungan yang indah serta sudut-sudut kota penuh seni menjadi menu perjalanan.

Dengan cara ini Ferrari berupaya membawa para klien topnya yang berasal dari Amerika, Jepang, Asia Tenggara, bahkan Eropa sendiri buat kenal lebih dekat potensi wisata Italia. Yang mana sudah tak perlu dipertanyakan lagi keindahannya.

Pada kesempatan ini Ferrari memilih titik-titik lokasi yang punya daya tarik fenomenal bagi para driver. Bermula dari kawasan pantai Versilia, tujuh puluh driver dengan Ferrari ikonisnya menjelajahi Pisa, Lucca, dan Modena. Lantas, melewati kota nelayan seperti Lerici kemudian kota penuh sejarah Pietrasanta.

Tak ketinggalan rute yang cukup mempermainkan adrenalin seperti kawasan pegunungan Apuan Alps dan Apennines. Sebelum akhirnya finish di fasilitas produksi Ferrari di Maranello. Disambut dengan sebuah pergelaran busana nan unik yang dihelat di dalam pabrik.

Dan tak hanya sampai di situ karena di lokasi inilah para driver berkesempatan mencicipi sirkuit legendaris Fiorano yang sudah terbentang sejak 1972. Di samping itu ada pengalaman unik yang terjadi saat makan malam. Ferrari menjamu para driver untuk menikmati santapan di lini produksi mobil dengan mesin 8 silinder. Sungguh bukanlah lokasi yang lazim.