Ranah kustom kulture Indonesia diisi oleh beragam kalangan yang punya pengetahuan terhadap bidangnya masing-masing. Apabila ditambah kreativitas dan sinergi berkelanjutan, besar kemungkinan bisa ikut mendorong kemajuan ekonomi kreatif.

Hal ini menjadi salah satu tujuan diadakannya festival akbar Indonesia Rockers Day 2017 di Lapangan Skadron 21 Sena, Pondok Cabe, Sabtu, 13 Mei 2017. Bukan sebatas acara kumpul-kumpul peminat kustom kulture, namun Indonesia Rockers Day 2017 mempertemukan banyak elemen kustom kulture dalam satu kesempatan.

Indonesia Rockers Day 2017 | Foto: Mada Prastya

Contoh sederhananya, di Indonesia Rockers Day 2017 interaksi terjadi antara para pengunjung yang didominasi penggemar roda dua dengan pengusaha bengkel. Potensi lahirnya transaksi bisnis pun lebih besar dengan adanya pula pengusaha apparel atau perlengkapan riding, hingga seniman yang ikut muncul.

“Melalui awal ini, kedepannya akan terbangun kegiatan-kegiatan motor custom khususnya cafe racer yang bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Tanah Air,” terang Daus dari Cafe Racer Indonesia (CRI) sebagai pihak penyelenggara. Untuk diketahui, Indonesia Rockers Day 2017 merupakan acara perdana CRI dan terbilang sukses.

Indonesia Rockers Day 2017 | Foto: Mada Prastya

Pihak penyelenggara pun terlihat menyediakan porsi lokasi cukup besar untuk stan para tenant. Umumnya produk yang ditawarkan pada acara Indonesia Rockers Day 2017 berupa perlengkapan riding, aksesori motor, jasa bengkel kustom, sampai pernak pernik terkait hobi roda dua.