Mungkin ini adalah kali pertamanya di industri otomotif sebuah pabrikan mobil yang membuat sebuah museum tidak di negara asalnya. Adalah Mazda, pabrikan Jepang yang memiliki sebuah museum di Jerman yang bernama Mazda Classic Automobil Museum Frey.

Mazda Classic Museum Frey, begitu mereka menyebut kependekannya, belum lama ini resmi membuka ruang pameran untuk menampilkan sejarah perjalanan Mazda di Jerman. Bertempat di Wertachstrabe, Augsburg Jerman, Mazda Classic Museum Frey hadir memamerkan koleksi terbaik mereka sepanjang kehadiran Mazda di dunia.

Jerman memiliki sejarah tersendiri bagi Mazda. Sejak kehadirannya pada 1976 silam, bagi Mazda Jerman merupakan salah satu pasar potensial di benua biru bagi pabrikan Jepang tersebut.

Sebagai destinasi tujuan wisata di Jerman, pengelola museum ini yakin dapat menjadi salah satu museum otomotif terbaik di dunia. Museum ini juga, letaknya tak jauh dari kantor pusat Mazda Jerman di Leverkusen yang hanya berjarak sekitar lima kilometer.

Museum ini dikelola oleh salah satu diler Mazda tertua di Jerman, Auto Frey. Hampir seluruh koleksi yang dipamerkan, merupakan milik keluarga besar Frey yang mengawali penjualan Mazda di Jerman.

Jajaran mobil yang ditampilkan diantaranya adalah Mazda R360 1960 yang merupakan mobil produksi masal pertama dari Mazda, Mazda 616 1976 sebagai mobil pertama yang dijual di Jerman, lalu Mazda Familia 1000 Coupe buatan 1966, Mazda K360, Mazda RX87 sampai Mazda RX-7 yang legendaris. RX-7 yang ada di sana banyak, mulai dari SA/FB, FC dan FD pun ada.

Total ada 45 kendaraan yang berada dalam gedung depot Tram yang telah beroperasi sejak 1897. Di museum ini juga terdapat aula besar untuk mengadakan acara, restoran dan toko cinderamata. Bagi masyarakat Eropa khususnya negara Jerman, kehadiran museum ini amat sangat mewakili keinginannya untuk melihat koleksi timeline Mazda dengan lokasi yang cukup dekat serta terjangkau.

Patut diingat juga, Mazda yang beken dengan mesin rotary ciptaan Heinrich Wankel, merupakan warga negara kebangsaan Jerman. Oleh karenanya Mazda memiliki sejarah yang kuat di dunia sebagai salah satu produsen mobil yang cukup lama mengaplikasikan motor bakar yang berputar 360 derajat buatan Jerman tersebut.