DS sebagai pabrikan mobil asal Perancis, telah menjadi bagian dari kendaraan resmi kenegaraan sejak 1960-an silam. Mobil ini tercatat pernah menyelamatkan nyawa mantan Presiden Charles de Gaulle di masa itu.

Kini di era Presiden baru Emmanuel Marcon, pemerintahan Perancis menggunakan All New DS 7 Crossback sebagai mobil operasional orang nomor satu di negeri dengan ikon Menara Eiffel. Mobil tersebut mulai digunakan pascapelantikan Emmanuel Marcon, Minggu (14/5) di Istana Elysee.

Secara umum mobil ini baru akan resmi dipasarkan mulai Januari tahun depan. Namun atas dasar kebutuhan kendaraan kenegaraan, DS memproduksi DS 7 Crossback secara khusus yang memiliki fitur keamanan tingkat tinggi untuk melindungi keselamatan Presiden.

Crossover ini juga memiliki desain khusus yang memiliki fitur atap terbuka yang lebar. Selepas serah terima jabatan dan pelantikan, sang Presiden melalukan parade keliling kota Paris untuk menyapa masyarakatnya mesti dalam kondisi hujan.

Hadir untuk memenuhi kebutuhan seorang VVIP kepala negara, All New DS 7 Crossback tersebut juga disematkan dengan beberapa personalisasi khusus. Seperti lambang kenegaraan Republik Perancis yang tertera di beberapa bagian kabin, bahan kabin pelapis kulit Opera Inspiration serta lingkar pelek 20 inci yang lengkap dengan detail grafis keemasan dan dudukan tiang bendera di bagian sepatbor.

Selayaknya generasi-generasi sebelumnya, DS yang merupakan anak perusahaan dari Citroen ini memiliki tingkat kenyamanan yang prima berkat sistem suspensi udara yang memiliki fitur self levelling.

All New DS 7 Crossback ini akan menemani keseharian Presiden Perancis ke-25 Emmanuel Marcon mulai 14 Mei 2017 lalu hingga lima tahun kedepan. Sebagai pabrikan asli Perancis, Citroen (dan kini DS) telah mengabdi kepada beberapa Presiden Perancis. Diantaranya Charles de Gaulle, Claude Pompidou, Jacques Chirac dan Francois Hollande.