Mantan juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden tewas setelah insiden yang menimpanya Rabu (17/5) pukul 14:00 waktu setempat di Rimini, Italia. Hayden yang saat itu sedang bersepeda, terlibat kecelakaan dengan sebuah Peugeot 206 Cabriolet yang saat itu sedang melintas.

Pascakecelakaan, Hayden yang berusia 35 tahun mengalami luka berat di bagian kepala. Seperti dilansir harian lokal, Rimini Today’s, tepat pukul 18:00 pihak Rumah Sakit Cesena tempat Hayden dirawat insentif mengklarifikasi ada cedera serius dan mengharuskan Hayden dioperasi. Dengan begitu kondisi Hayden saat itu dinyatakan kritis.

Saksi mata melaporkan, saat itu Hayden yang sedang bersepeda bersama rombongannya berjumlah 14 orang terpisah. Ia berusaha mengejar rombongannya namun nahas, pembalap kelahiran 30 Juli 1981 tersebut tak dapat mengelak dari sebuah Peugeot yang mengarah kepadanya. Pembalap motor berkebangsaan Amerika Serikat tersebut terpental dari kap motor hingga mendarat di bagian kaca depan mobil tersebut.

Sebelumnya, seperti dilansir dari laman Motofire, Kamis (18/5) pihak Rumah Sakit Cesena melalui Dr. Senni menyebutkan pengendara dalam kondisi luka serius. Dan kini ia telah dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) RS Cesena. Namun Senin (22/5) pukul 16:50 waktu setempat pihak RS menyatakan Hayden telah menghembuskan nafas terakhirnya.

Nicky Hayden lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat kelahiran 35 tahun lalu. Pria yang memiliki nama lengkap Nicholas Patrick Hayden ini mengawali karirnya di MotoGP pada 2003 lalu bersama tim Honda. Selanjutnya pada musim 2009 – 2013 Hayden menandatangani kontrak dengan tim Ducati untuk bersanding bersama Valentino Rossi.

Memasuki 2014 hingga 2015, Hayden dikontrak bersama tim Aspar Racing Team yang bersenjatakan sebuah Honda RCV1000R. Sejak 2016 lalu Hayden memutuskan untuk hijrah ke World Superbike bersama tim Ten Kate Racing hingga akhir hayatnya.

Selamat jalan Nicky Hayden…