Berbagai pabrikan mobil super cepat di dunia, berlomba-lomba membuat besutan terkencang yang mampu memacu adrenalin saat mengendarainya. Rekor kecepatan tertinggi pun berhasil dipecahkan saat pengujian hypercar tersebut sebelum dipasarkan ke konsumen.

Mobil berteknologi tinggi ini datang dari berbagai negara produsen. Selain mengusung sumber tenaga bertenaga buas, mobil-mobil ini juga dibuat seringan mungkin dengan komposisi material yang kuat.

Berikut lima mobil tercepat di dunia yang berhasil kami rangkum datanya dari berbagai sumber.

1. Hennesey Venom GT

Hypercar ini berhasil menorehkan rekor mobil tercepat di dunia mengalahkan angka yang sebelumnya dipegang oleh Bugatti Veyron Super Sport. Mobil racikan pabrikan America Ioni ini mengusung sumber tenaga LSX 427 ci V8 Twin Turbocharger 7.0 liter bertenaga 1.244 dk.

Dengan transmisi manual Ricardo 6-percepatan, Hennesey Venom GT mampu mencapai top speed sebesar 435,3 Km/jam dengan capaian waktu akselerasi 0-100 Km/jam dalam 2,4 detik.

2. Bugatti Veyron Super Sport

Dahulu mobil ini sempat menjadi yang tercepat di dunia. Namun kini mobil buatan pabrikan yang berkedudukan di Perancis ini menjadi kedua yang tercepat setelah Hennesey Venom GT. Mesin berkonfigurasi W16 8.0 liter 64 valve DOHC Quad Turbocharger ini mampu meraih kecepatan tertinggiinya di 434 Km/jam saat diuji oleh tim Top Gear, Inggris.

3. SSC Ultimate Aero

Dengan mesin V8 Twin Turbocharger 6.345 cc bertenaga 1.183 dk, SSC Ultimate Aero mampu berlari hingga 412 Km/jam. Mobil karya pabrikan Amerika Serikat, TriCities ini telah mengalami ubahan baru di sektor interior dan eksterior yang lebih sportif dan mewah.

4. Koenigsegg CCR

Bila varian CCX yang sempat hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 lalu ini sarat dengan teknologi canggih dan fitur modern, pun begitu dengan pendahulunya yang berlabel CCR. Harga jual mobil ini juga terbilang fantastis di angka Rp 50-an miliar.

Dengan sumber pacu V8 4.8 liter Twin Supercharger, Koenigsegg CCR mampu menghasilkan tenaga sebesar 934 dk dengan torsi 920 Nm. Kecepatan tertingginya mencapai 410 Km/jam dengan catatan waktu akselerasi dari diam hingga 100 Km/jam dalam 2,9 detik.

5. McLaren F1

Mobil yang terbilang legendaries ini masih termasuk dalam lima mobil tercepat di dunia. Dengan teknologi dan basis dari besutan jet darat Formula 1, McLaren Fi mengusung msin lansiran BMW S70/2 dengan konfigurasi V12 60 derajat. Diatas aspal trek pengujian, McLaren F1 mampu dibesut hingga 386 Km/jam dengan waktu tempuh akselerasi 0-100 Km/jam dalam 3,2 detik saja.