Anda mengaku anak motor sejati? Pasti tahu dong pentingnya helm. Atau malah jangan-jangan jarang pakai helm? Waduh! Bahaya! Mau jauh atau dekat, yang namanya helm itu wajib dipakai. Kan demi keamanan dan keselamatan kita sendiri. Sejatinya helm memang sudah jadi bagian dari sepeda motor selama beberapa dekade. Malah perkembangan teknologinya juga mengikuti kemajuan teknologi di industri roda dua.

Kendati demikian, yang namanya barang-barang klasik dan vintage tetap punya penggemar tersendiri. Termasuk helm. Banyak penunggang motor-motor beraliran klasik atau custom yang sengaja berburu helm-helm tersebut. Walau tidak jarang banderol yang disematkan mengalahkan harga helm baru. Nah, ketimbang Anda salah sasaran, coba simak beberapa deretan helm vintage terbaik versi TheGaspolCom berikut ini:

1. Arthur Fulmer AF-40

Helm bergenre half face ini merupakan salah satu target buruan penggemar helm vintage. Pasalnya, dibangun oleh keluarga besar Fulmer di 1969 menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu manufaktur helm tertua di Amerika Serikat. Desain grafisnya yang menawan juga menjadi alasan.

2. Griffin Clubman

Kalau yang satu ini sejatinya adalah helm yang tenar di era 70-an. Popularitasnya terdongkrak setelah pembalap  bernama Graham Hill menggunakannya saat menjuarai GP Monaco, Le Mans dan Indy 500 di 1974 atau satu tahun sebelum kematian tragisnya di London Utara.

3. Bell 500-TX

Ini adalah helm yang wajib dimiliki oleh para bikers. Bell memproduksi open face helmet 500-TX sejak 1962 dan terpilih untuk dipajang di Museum of Modern Art di New York lantaran dianggap punya desain terbaik. Helm dimaksud juga merupakan helm pertama yang mendapat approval dari Snell dan menjadi standar untuk produk safety.

4. BMW System 

Anda termasuk penggemar helm flip up? Itu tuh, helm full face yang bagian moncongnya bisa diangkat. Nah, pelopornya adalah BMW lewat System I yang kemudian berevolusi menjadi System II hingga System IV Evolution.

5. Arai RX-7

Arai RX-7 bisa jadi helm yang punya masa produksi paling lama. Helm full face ini digelindingkan pertama kali dari pabriknya di Ohmiya, Saitama pada 1968 dan dikembangkan langsung oleh pendiri Arai, Hirotake Arai. RX-7 kerap menjadi pilihan para pembalap tenar. Mulai dari Freddie Spencer, Mick Doohan, Cal Crutchlow sampai Dani Pedrosa.