BMW Indonesia resmi merilis edisi terbaru dari BMW Seri 4 akhir Juli ini. Varian facelift dari model 440i Coupe M Sport dan 430i Convertible Seri 4 ini hadir dengan berbagai penyegaran di berbagai aspek.

Tampilan

Di sisi eksterior, ubahan yang dilakukan BMW memang tak terlalu signifikan. Bisa dibilang ubahan minor hanya soal desain bumper belakang dan sektor lampu.

Namun dengan aplikasi teknologi Adaptive bi-LED yang dilengkapi dengan fitur High-Beam Assistant dan Daytime Running Light-nya justru membuat tampilan mobil ini lebih memukau. Di sisi buritan, lampu belakang juga mengalami ubahan pencahayaan yang tajam dengan teknologi LED berbentuk L.

Detail di dalam kabin juga lebih diperhatikan BMW. Sebut saja penggunaan krom dan warna high-gloss di konsol utama pertegas kesan eksklusif dan material kualitas tinggi. Jahitan ganda di panel instrumen menjadi daya tarik tersendiri bersama dengan tiga pilihan warna jok dan trim interior.

Layar instrumen dengan model navigasi baru dengan ukuran 8,8 inch menjadi kelengkapan yang mempermudah akses terhadap fitur-fitur teknologi dan navigasi di BMW Seri 4 terbaru.

Performa

Keduanya mengusung sumber pacu enam silinder berteknologi BMW Twin Power Turbo yang bertenaga, namun tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar. Yang berbeda hanya soal kapasitas dan tenaga mesinnya

Untuk varian BMW 440i Coupe M Sport menggunakan kapasitas 2.998cc bertenaga 326 dk dan torsi maksimum 450 Nm. Sementara BMW 430i Convertible mengusung kapasitas 1.998cc dengan tenaga 252 dk dan torsi maksimum 350 Nm.

Keduanya dilengkapi dengan transmisi 8-percepatan steptronic untuk menyalurkan tenaga yang presisi ke roda serta impresi berkendara yang lebih menyenangkan saat shifting tingkat percepatan.

Handling

BMW membuat racikan baru untuk meningkatkan pengendalian Seri 4 agar lebih tajam dan enak dikendarai. Ayunan suspensi dibuat sedikit lebih keras dari pendahulunya untuk menjaga kestabilan di kecepatan tinggi.

Aplikasi pelek baru double spoke Style 401 19 inci membuat jarak pijak roda menjadi melar 14 mm di depan dan 20 mm di belakang. Perbedaan ini membuat pengendalian dan pergerakan setir jadi lebih tajam dan menyenangkan saat bermanuver di kecepatan tinggi.

Harga

Meski berbeda model dan karakter, menariknya BMW Indonesia membanderol harga yang sama untuk 440i Coupe M Sport dan 430i Convertible. Keduany dapat ditebus konsumen Indonesia di angka Rp 1,289 miliar (off the road).

Harga tersebut sudah termasuk dalam BMW Service Inclusive, yang memberikan perawatan reguler tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu), serta garansi 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh dan jaminan BMW Group Tire Coverage yang memberikan penggantian ban hingga 4 ban per tahun tanpa biaya bila terjadi kerusakan.