Baru-baru ini, pabrikan helm Shark baru saja melakukan pengembangan baru terhadap varian tertingginya Race-R Pro. Helm premium asal Marseille, Prancis ini telah melewati serangkaian pengujian bersama penggunanya di ajang balap MotoGP, Jorge Lorenzo.

Serangkaian pengujian yang dilakukan oleh Shark Helmets Research and Development bersama Lorenzo menitik beratkan pada kenyamanan pengguna dan struktur desain yang mendukung aerodinamika. Tujuannya agar saat digunakan, helm ini dapat mendukung kecepatan berkendara dan nyaman dikenakan.

Pada tayangan berdurasi 3:23 menit milik akun YouTube Shark Helmets, pembalap motor Ducati di MotoGP 2017 tersebut terlihat memiliki andil yang begitu besar dalam perancangan pelindung kepala Race-R Pro yang sedang dikembangkan. Pengujian helm ini telah sukses lulus dari seluruh tahapan dan siap untuk diproduksi massal.

Menariknya, penggunan mesin cetak 3D canggih milik tim riset dan pengembangan Shark menjadi modal utama dalam merancang helm berbahan karbon tersebut. Setiap komponen yang digunakan berasal dari sebuah rancangan desain komputer yang selanjutnya dapat langsung dicetak bentuk aslinya melalui printer tersebut.

Melalui analisis aerodinamika, masing-masing perangkat harus lulus seluruh tahap pengujian. Seperti di terowongan udara dan pengujian langsung di trek balap. Dalam video tersebut juga menunjukkan bahwa Shark sangat memperhatikan pendapat dari Lorenzo khususnya dalam pengembangan part tersebut.

Helm ini dipasarkan dengan serangkaian fitur yang terdapat didalamnya. Mulai Neck Pad & Lining untuk menciptakan peredaman terbaik, Optical Class 1 Visor untuk memberi pengelihatan yang lebih baik, Aerodinamics untuk ventilasi serta meningkatkan air drag effect dan wind buffeting hingga Carbon Aramid Fiber Structure untuk meringankan bobot helmet tanpa mengurangi kualitas dan sebagainya. Di pasaran, helm ini dijual dengan harga mulai US$ 759,99 untuk varian terendahnya atau setara dengan Rp 10 juta-an perbuahnya.