Cinquecento, begitu cara masyarakat Italia menyebut mobil kebanggaannya, Fiat 500. Mobil ini menjadi ikonik dan disukai masyarakat dunia, khususnya Eropa karena desainnya yang apik dan modelnya yang ringkas untuk menjelajah jalanan perkotaan yang dahulu cukup sempit.

Tahun ini, mobil legendaris kelahiran 1957 silam telah berusia 60 tahun. Di hari jadinya yang sudah melebihi setengah abad ini, sebuah Fiat 500 di Amerika Serikat kini didaulat menjadi bintang utama kolesi terbaru Museum of Modern Art (MoMA), di New York.

Mobil ikonik ini dipilih sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk sejarah, style dan desain yang sangat dikenal oleh konsumen dunia. Atas nama apresiasi tersebut, museum seni kenamaan kota New York tersebut memilih Fiat 500 sebagai koleksi terbarunya disana.

Dilansir dari Mototrader, Olivier Francois, Head of FIAT Brand and Chief marketing Officer FCA-Global menyebutkan, Fiat 500 tidak perlu diragukan lagi sejarahnya di dunia otomotif. Pada ulangtahun ke-60 ini, Fiat 500 telah menjadi salah satu mahakarya dunia, menjadi salah satu koleksi dan menjadi ikon serta telah mendapatkan sertifikasi dari MoMA berkat sisi artistik dan sejarahnya.

Mobil ini disukai berkat sisi romantis yang dimilikinya. Bagaimana tidak, dengan ruang kabinnya yang mungil Anda akan merasa begitu dekat dengan pasangan Anda tercinta.

Selama masa produksinya mulai 1957 – 1975, Fiat mencatat total hingga 4 juta unit merakit mobil ini. Diantaranya terdapat beberapa varian seperti 500 F yang umum diproduksi, 500 D yang bertenaga, 500 L yang nyaman dan seri pamungkas 500 R.