Gumball 3000 merupakan ajang reli tahunan yang digelar sepanjang 3.000 mil (4.800 km) di jalan raya daratan Eropa. Event ini pertama kali dihelat pada 1999 lalu di Inggris dan dicetuskan oleh seseorang bernama Maximillion Cooper dengan ide menyatukan sebuah event balap jalan raya yang dipadukan dengan pagelaran musik, fashion dan hiburan.

Ajang ini terbuka untuk umum dan biasanya diikuti oleh berbagai masyarakat dari berbagai negara di daratan Eropa. Meski menuai kontroversi akibat pernah timbulnya korban dalam penyelenggaraan reli jalan raya ini, Gumball 3000 masih terus berlangsung hingga kini dengan jumlah peserta yang terus bertambah.

Di 2017 ini, perjalanan reli Gumball 3000 diselenggarakan pada 1-8 Juli 2017. Perjalanan dimulai dari kota Riga, Latvia melewati berbagai negara seperti Polandia, Slovakia, Hungaria, Kroasia, Albania hingga berakhir di Mykonos, Yunani.

Dalam setiap penyelenggaraannya, pasti ada hal menarik yang terjadi di Gumball 3000. Seperti tahun ini, hadirnya mobil-mobil eksotis seperti La Ferrari Aperta, McLaren 675 LT Spyder hingga sepasang Smart ForTwo unik yang dipiloti oleh Mario dan Luigi, seperti dalam ikon permainan konsol Mario Bros.

Berikut beberapa keunikan yang terjadi di reli sepanjang 4.800 km ini yang kami tangkap dari postingan peserta di sosial media,

1 2 3 4 5 6 7 8