Judul di atas memang bisa dibilang terlampu serius. Apalagi bila dikaitkan dengan seorang Omesh Ananda. Publik figur sekaligus biker yang dikenal kocak lewat sederet penampilannya di layar kaca.

Tapi harus diakui bahwa Omesh memiliki pemikiran mendalam – dan sangat mulia – tentang konsep budaya bermotor. Yang ia jalaninya dengan membawa bendera Motorbaik.

Kampanye Motorbaik Adventure 2017 akan mulai berjalan pada 21 – 26 Agustus nanti dan Omesh memberi gambaran misinya tersebut kepada kami.

Berikut wawancara dengan Omesh yang juga baru saja menjalani bisnis toko fisik apparel Tigre.

Omesh, bisa tolong jelaskan dulu tentang Motorbaik?

Motorbaik adalah kampanye sosial yang fokus di pendidikan maka tahun lalu kita kerja sama dengan Indonesia Mengajar. Nah, sekarang kita sedang berencana melanjutkan perjalanan. Kalau tahun lalu rutenya Jakarta – Yogyakarta, tahun ini Motorbaik Adventure ambil rute Yogyakarta – Bali.

Kenapa harus pendidikan?

Kalau kita bicara tentang sosial itu  kan luas ya. Permasalahannya ada soal kajahatan, kesehatan, kemiskinan. Menurut kita salah satu modal awalnya untuk mengatasi itu adalah pendidikan. Tahun lalu itu direalisasikan dengan membuka kelas bernama Kelas Bikers di sekolah dasar.

Lalu apa yang akan dilakukan di Motor Baik Adventure 2017?

Kalau tahun ini tema besarnya adalah belajar menjadi Indonesia. Kalau tahun lalu kita “mengajar”, nah tahun ini kita “belajar”. Jadi kita akan ketemu dengan pegiat-pegiat pendidikan di Indonesia.

Contohnya, di daerah Malang ada seorang pemulung yang menyewa gubuk buat mengajar anak pemulung. Nah, kita harusnya malu. Pemulung, mungkin dengan pendapatan yang gak seberapa tapi punya keinginan yang kuat.

Ada juga sosok yang bakal diangkat, teman kita pecinta motor, dia keliling Indonesia naik motor buat jualan kaos. Untuk apa? Untuk menggalang dana karena rumahnya dia sendiri ia jadikan panti asuhan.

Itulah kisah-kisah inspiratif dari Motorbaik Adventure 2017 yang output-nya nanti akan dibuat dalam bentuk web series. Jadi kita bisa belajar dari kisah-kisah inspiratif itu.

Kenapa alasannya Motorbaik Adventure itu penting buat Omesh?

*Omesh sempat terdiam sejenak

Karena di sini saya bisa melakukan yang istilah Yin Yang. Begini, kalau saya melakukan apa yang saja suka, itu otomatis bermanfaat buat saya. Tapi di sini saya bisa touring tapi bermanfaat buat orang lain.

Touring itu ibarat meditasi buat saya. Dan Motorbaik Adventure bukan sekadar touring, tapi juga bisa sharing. Jadinya lebih seimbang.

MotorBaik Meet Up 2017

Pengaruhnya untuk diri Anda?

Sederhananya, ingin mengubah stigma. Contohnya ada orang yang touring Jakarta ke Yogyakarta lalu cerita berapa lama ia di jalan. Katakanlah enam belas jam. Semua yang diingatnya tentang tujuan, tapi lupa dengan perjalanan itu sendiri.

Salah satu kejadian yang menjadi trigger Motorbaik adalah kejadian moge dihadang oleh sepeda di Yogyakarta. Saya melihat itu ada salah komunikasi. Berarti harus diluruskan. Karena kesalahpahaman itu imbasnya bisa mengerikan.

Di lain sisi, ada yang bilang Motor Baik itu klub selebriti. Biarin aja karena memang kampanye yang paling mudah adalah menggunakan figur publik.

MotorBaik Meet Up 2017

Sejauh ini bagaimana sih tanggapan dari kalangan selebriti tentang Motor Baik?

Banyak banget teman-teman yang pengen ikut. Tapi kita bilang ini kan bukan klub. Jadi kalau mau nongkrong ya nongkrong aja. Untuk tahun ini mungkin bisa jadi brand ambassador dan tahun depan nanti bisa berubah lagi orang-orangnya.

Sejauh ini Omesh aktif di dunia hiburan, wirausaha, dan roda dua. Pelajaran apa yang bisa Anda dapat dari banyak dunia ini?

Satu hal yang saya rasakan, yaitu sangat menyenangkan bisa melakukan suatu hal yang menjadi passion saya.