Penanaman pohon merupakan langkah paling tepat untuk menjaga udara tetap berkualitas di masa mendatang. Hal ini dilakukan oleh para anggota dari 24 komunitas mobil Honda dari seluruh Indonesia berupa pemberian 2.500 buah bibit tanaman Lidah Mertua kepada Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, pada Minggu (24/11) di Honda Fastival 2019.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolik oleh perwakilan komunitas Honda kepada Yati Sudiharti selaku Kepala Unit Pengelola Pengembangan Tanaman Perkotaan Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta. Tanaman tersebut akan ditanam di beberapa fasilitas umum untuk menciptakan lingkungan yang lebih sejuk sekaligus mengurangi polusi udara di Ibu Kota Jakarta.

Tanaman Lidah Mertua dikenal mampu menyerap 107 polutan udara, serta menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen. Lidah Mertua juga memiliki kemampuan untuk menyerap beragam racun, mulai dari karbon monoksida (CO), benzena, formaldehyde, xylene, hingga toluene yang dikenal dapat menyebabkan kanker sehingga udara disekitarnya menjadi lebih sehat dan segar.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, kegiatan sosial ini merupakan inisiatif dari seluruh komunitas mobil Honda, yang kami harap dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya untuk membuat kegiatan serupa dan menciptakan lingkungan dengan udara yang lebih segar di Kota Jakarta.

Kegiatan tanggung jawab sosial ini dilakukan sebagai bagian dari acara Honda Fastival 2, sebuah acara kumpul komunitas Honda yang diikuti oleh lebih dari 3.000 mobil Honda milik komunitas dan konsumen Honda. Acara ini digelar pada tanggal 24 November 2019 di JI Expo Kemayoran Jakarta, dan menampilkan berbagai aktivitas seperti balap, modifikasi, kegiatan sosial dan festival musik.