Tim-tim yang berlaga di ajang Formula 1 dikabarkan telah melakukan pembicaraan soal pembatasan jumlah mesin. Jika benar diterapkan, nantinya setiap pembalap hanya akan punya jatah tiga mesin dalam semusim. Hal ini merupakan salah satu opsi yang bertujuan untuk memangkas ongkos balapan.

Setiap tim harus menyepakati proposal ini paling lambat 15 Januari 2016 agar bisa diajukan ke FIA. Lalu, FIA yang akan memutuskan apakah wacana ini merupakan langkah tepat untuk mengatasi krisis biaya di Formula 1, seperti dilaporkan situs Motorsport, Rabu (15/12).

Dengan jadwal Formula 1 musim 2016 yang punya 21 balapan, berarti rata-rata satu mesin akan digunakan untuk 7 balapan. Hal ini dinilai sebagai tantangan tersendiri bagi setiap tim untuk meracik mesin yang punya masa pakai lebih lama. Karena tanpa mesin tahan lama, wacana ini mustahil diterapkan.

Sebelum wacana soal pembatasan jumlah mesin ini muncul, ada rencana untuk pembatasan teknologi yang mengundang protes dari Ferrari dan Mercedes-Benz. Bahkan, mereka mengancam akan cabut dari Formula 1 jika hal tersebut itu benar-benar diaplikasikan.

Teks : Mada P. | Foto : Autoevolution