Produsen roda dua Bavaria, BMW Motorrad, menjadikan pameran teknologi CES 2016 yang berlangsung pada 6 – 9 Januari di Las Vegas, AS, untuk memamerkan penemuan-penemuan terbarunya. Kedua inovasi yang dikedepankan berfokus untuk meningkatkan standar keselamatan berkendara.

Yang pertama, BMW Motorrad menghadirkan motor konsep K 1600 GTL. Tidak seperti motor konsep umumnya yang punya bentuk futuristik, bodinya tampak familiar. Tetapi dilengkapi lampu depan laser dengan daya jangkau dua kali lipat lampu depan tradisional.

Menurut pemberitaan Carscoops, Rabu (6/1), lampu depan laser tersebut identik dengan yang disematkan pada BMW Seri-7 dan i8. Profil cahayanya berwarna putih dengan jangkauan high beam mencapai 600 meter.

Diberitakan, pihak BMW menganggap penerapan lampu laser pada produk roda dua bisa meningkat keselamatan berkendara pada malam hari. Sementara, ongkos produksinya diperkirakan bisa ditekan begitu digunakan pada produksi massal.

Melengkapi penampilan K 1600 GTL di CES 2016, BMW Motorrad juga memamerkan helm yang dilengkapi head-up display. Semacam layar yang berada di hadapan mata kanan.

Layar tersebut menampilkan beragam informasi, seperti rute yang diinginkan atau kecepatan laju motor. Dengan begitu, pengedara tidak perlu memindahkan pandangannya dari jalan.

Output lainnya ialah berupa suara yang terpancar dari loudspeaker helm. Pengoperasian helm yang juga dilengkapi komputer mini ini, dilakukan melalui multicontroler BMW Motorrad yang terdapat di sebelah kiri handlebar.