Melalui siaran pers yang diterbitkan, Rabu (3/2), Royal Enfield mengumumkan telah merilis produk terbarunya, Himalayan. Motor bergaya adventure touring tersebut dibuat dengan rancangan yang sederhana dan mengedepankan fungsi sehingga lebih “menyatu” dengan pengendaranya.

“Secara fungsional, desain sederhana Himalayan yang tidak mengintimidasi, kurva torsi datar, ketinggian tempat duduk yang aksesibel, perjalanan suspensi panjang, hingga kemudahan kepemilikan, membuat Himalayan menjadi sepeda motor multi fungsi, yang mampu untuk melakukan perjalanan panjang dan juga menjadi pilihan untuk menavigasi daerah perkotaan yang padat,” jelas Mr Rudratej (Rudy) Singh, Presiden Royal Enfield.

Royal Enfield Himalayan dihadirkan dengan mesin 411cc SOHC silinder tunggal, berpendingin udara, 4-tak. Potensinya bisa dieksplorasi melalui sistem transmisi 5-percepatan. Menurut lembar spesifikasi yang TheGaspol terima, motor penjelajah Royal Enfield Himalayan memiliki ground clearance 220 mm. Di bagian depan, motor ini menggunakan velg berdiameter 21 inci dengan roda berukuran 90/90. Dipasangkan dengan velg 17 inci serta roda 120/90 untuk bagian belakang.

Walau sudah membuka gerai resmi pertamanya di Indonesia, namun tampaknya konsumen Tanah Air masih harus bersabar perihal kedatangan dan harga Himalayan. Pasalnya, PT Distributor Motor Indonesia (DMI) yang merupakan authorized main dealer di dalam negeri belum bisa memberi informasi mendetail. “Untuk sekarang belum bisa infokan mengenai Himalayan,” kata Ade Sulistioputra, Managing Director DMI melalui pesan singkat.

Di lain sisi, sudah menjadi budaya bagi Royal Enfield untuk turut menghadirkan perlengkapan berkendara yang melengkapi produk-produk sepeda motornya. Seiring peluncuran Himalayan, mereka membuat Royal Enfield Darcha riding suit 4 musim yang berkolaborasi dengan REV’IT. Dalam serangkaian koleksi ini juga terdapat sarung tangan, celana panjang, dan sepatu riding.