Tokyo Motor Show yang akan berlangsung tanggal 30 Oktober mendatang, menjadi pesta terbesar produsen mobil di Asia. Oleh sebab itu, para pabrikan dituntut untuk siap dalam memamerkan kendaraan terbaru dan kendaraan konsep yang akan mereka pasarkan. Seperti halnya produsen asal Jepang, Daihatsu. Seperti dirilis leftlanenews, Daihatsu akan memajang tiga mobil konsep mereka yang disebut Kei Car.

Kei Car (K-Car) atau Keijidosha dalam bahasa Jepang, adalah mobil dengan dimensi panjang tidak lebih dari 3,5 meter, tidak lebih luas dari 1,5 meter dan tidak lebih tinggi dari 2 meter. Kapasitas mesinnya juga terbatas, tidak lebih dari 660 cc dengan tenaga maksimum hanya sekitar 63 Hp.

008_o

Ketiga Kei Car yang akan tampil di booth Daihatsu adalah, Daihatsu Nori Ori, Daihatsu Tempo dan Daihatsu Hinata. Jika dijabarkan fungsinya, Nori Ori dapat digunakan untuk orang berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda, mobil ini dilengkapi dengan sliding door sehingga dapat keluar masuk kabin dengan mudah. Beralih ke Tempo, mobil ini mengusung konsep food truck. Dimensi Tempo akan lebih besar ketimbang Kei Car yang lain dan telah mengaplikasikan pintu gullwing yang dapat memperlihatkan isi kabin mobil dengan jelas. Mobil konsep yang terakhir adalah Hinata, mobil ini tampil layaknya mini van yang memiliki pintu suicide dengan bukaan hingga 180 derajat.

015_o

Ketiganya akan meramaikan booth Daihatsu di Tokyo Motor Show mendatang. Belum ada kejelasan apakah mobil ini akan langsung diproduksi masal atau hanya dibuat untuk kebutuhan pameran. Yang jelas, ketiganya akan menjadi pusat perhatian para pengunjung dengan desain yang unik dan menarik.